Pemilu 2019

Tak Cuma Petugas Penghitung Suara, Polisi Pun Turut Kelelahan. Kapolres Depok Bentuk Pos Pam

Dikatakan Didik, untuk mengantisipasi petugas jatuh sakit saat mengawal tahapan Pemilu, pihaknya juga menyiapkan tenaga medis

Tak Cuma Petugas Penghitung Suara, Polisi Pun Turut Kelelahan. Kapolres Depok Bentuk Pos Pam
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto bersama para petugas Pos Pam pengamanan tahapan pemilu. 

Beratnya tahapan Pemilu serentak 2019 tidak cuma dirasakan oleh para petugas yang tengah berkutat dalam proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto, menyampaikan, bahkan polisi yang tiap saat bertugas mengawal proses penghitungan suara pun turut mengalami kelelahan dan perlu istirahat.

"Yang jelas kondisi tetap prima. Ya memang ada beberapa anggota yang mungkin lelah. Tentunya kita memberi waktu anggota kita istirahat juga untuk mengembalikan stamina," ujar Didik di PPK Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Rabu (24/4/2019).

Kapolda Metro Pastikan Penghitungan Suara di Depok Kondusif

PKS Diprediksi Menang di Bekasi dan Depok, Ini Salah Satu Kunci Kemenangannya

Sudah Delapan Jam, KPK Masih Periksa Wali Kota dan Sekda Tasikmalaya. Ada Jeda untuk Shalat Maghrib

Dikatakan Didik, untuk mengantisipasi petugas jatuh sakit saat mengawal tahapan Pemilu, pihaknya juga menyiapkan tenaga medis yang dapat bergerak kapan saja dibutuhkan.

"Tentunya saat ini kita juga menyiapkan personel Polri, tenaga keamanan yang kondisinya fresh, prima, dan terus kita pantau dengan kunjungan-kunjungan medis, baik dari tenaga medis Polri maupun tenaga medis dari pemerintah daerah," jelasnya.

"Kita koordinasi, kerjasama, elaborasi dengan seluruh komponen yang ada untuk menyukseskan proses tahapan Pemilu ini," ujar Didik.

Sementara itu, Didik melanjutkan, demi menjaga kondusifitas proses penghitungan suara di tingkat PPK, pihaknya menggelar pos pengamanan (pos pam) di tiap lokasi.

"Ya, jadi Polres Kota Depok membuat pos pam-pos pam di tempat PPK dimana saat ini dilaksanakan rekapitulasi penghitungan suara," terangnya.

Pos pengamanan itu, jelasnya, diperkuat oleh personel Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, hingga unsur Dinas Kesehatan Kota Depok.

"Semuanya bersinergi untuk mengawal, mengamankan, dan menyukseskan proses tahapan Pemilu yang saat ini adalah tahap hitung suara di tingkat PPK."

"Tentunya kami semua berkomitmen untuk mengawal dan mengamankan kegiatan tahapan ini bener-bener bisa dilaksanakan dengan aman, tertib, nyaman, dan kondusif."

Prabowo Gelar Syukuran Klaim Kemenangan di TMII, Relawan Jokowi-Maruf Gelar Tumpengan

Dia menambahkan, keberadaan petugas medis di lokasi penghitungan suara tidak hanya untuk mencegah petugas dan polisi jatuh sakit, namun semua orang yang hadir.

"Ini untuk memberikan bantuan-bantuan medis kepada seluruh personel yang ada di sini, baik dari penyelenggara, kemudian dari para saksi, kemudian tenaga keamanan dan semua pihak yang ada di tempat hitung."

"Sehingga bener-bener kondisinya bisa terjaga staminanya dan tujuan akhirnya adalah untuk mengawal proses demokrasi ini bisa berjalan dengan aman, damai, sejuk," bilang Didik

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Wito Karyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved