Hari Kartini

Rayakan Hari Kartini, Ini Maknanya Bagi Dewi Gita

PENYANYI Dewi Gita (48) menjadi salah satu musisi yang merayakan hari bersejarah RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.

Rayakan Hari Kartini, Ini Maknanya Bagi Dewi Gita
WARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO
Armand Maulana bersama Dewi Gita di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia Mall, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (21/11/2018). 

PENYANYI Dewi Gita (48) menjadi salah satu musisi yang merayakan hari bersejarah RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April.

Menurutnya, Kartini merupakan pahlawan wanita yang sangat berpengaruh di Indonesia, namun bagi ibu satu anak itu juga mengatakan masih banyak pahlawan wanita lainnya.

"Kalau buat saya Kartini itu salah satu pahlawan wanita. Tetapi, banyak juga pahlawan-pahlawan wanita lainnya kayak Dewi Sartika, dan banyak lah di tiap daerah punya pejuang wanita," ujar Dewi Gita saat berbincang di Pesona Square, kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu (21/4/2019).

Sementara, dalam memaknai hari Kartini itu sendiri, istri Armand Maulana mengaku sangat bersyukur dengan banyak nya perempuan tanah air yang juga memperjuangkan kesetaraan gender di masa kini. 

"Memaknainya dengan bersyukur karena Kartini, dan pahlawan perempuan lainnya yang memperjuangkan emansipasi di dalam pekerjaan, hingga wanita jadi satu level. Tapi tak melebihi kodratnya. Itu satu hal yang harus disyukuri," tegasnya. 

Karena baginya, jika tak ada pahlawan wanita seperti Kartini mungkin tak akan bisa merasakan dampak positifnya hingga saat ini.

Lebih lanjut, ibu satu anak itu juga sangat beryukur dengan RA Kartini yang memelopori emansipasi wanita pada zamannya. Sehingga kini, perempuan Indonesia bisa merasakan dampak positifnya.

"Bersyukur sama pejuang yang dulu, kalau tak ada yang mendahului, mungkin kita tak akan seperti ini. Tetap kita sebagai wanita harus tahu batas kodratnya sebagai perempuan gimana," tutur Dewi Gita.(M20)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved