Hasil Akhir Quick Count Konsepindo Ungkap Jokowi-Ma'ruf Unggul dari Prabowo-Sandi

Dia menjamin, hasil hitung cepatnya akan selaras dengan hasil real count yang dilakukan KPU.

Hasil Akhir Quick Count Konsepindo Ungkap Jokowi-Ma'ruf Unggul dari Prabowo-Sandi
Tribunnews
Capres Joko Widodo menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilihnya di TPS 008, Gambir, Jakarta, Rabu (17/4/2019). 

Hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan lembaga Konsep Indonesia (Konsepindo) Research and Consulting, atas Pilpres 2019 sudah memasuki masa akhir.

Sampai Jumat (19/4/2019) malam, data suara hitung cepat yang masuk ke lembaga quick count resmi yang terdaftar di KPU ini, sudah mencapai 98,55 persen.

Sehingga, dipastikan hasil akhirnya akan tetap seperti hasil yang diperoleh saat ini.

Di mana pasangan calon nomor urut 01Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin memeroleh suara 53,9 persen, sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh suara 46,1 persen.

Direktur Eksekutif Konsepindo Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman menyatakan, sangat yakin dan memastikan bahwa pasangan calon nomor urut 01 sudah memenangkan Pilpres 2019.

Dia menjamin, hasil hitung cepatnya akan selaras dengan hasil real count yang dilakukan KPU.

"Dari data ini, sebenarnya sudah bisa mengetahui siapa yang bakal jadi pemenangnya," kata Veri dalam keterangan resminya kepada Warta Kota, Jumat (19/4/2019).

Menurutnya, pertarungan Pilpres 2019 kali ini layaknya adalah pertarungan ulang Pilpres 2014, yakni antara Jokowi melawan Prabowo.

"Bedanya, pada 2014, posisi Prabowo dan Jokowi adalah sama-sama baru serta belum pernah menduduki kursi Presiden. Artinya juga dulu masih 0-0. Sementara sekarang Jokowi sudah memimpin ada sejumlah hasil yang dicapai atau ada perubahan yang bisa dirasakan," kata dia.

Karena itu tambh dia remacht bisa terjadi dimana faktor penentunya adalah suara undecided voters. "Namun dalam hitung cepat kami menunjukan faktor penentu tetap berpihak pada Jokowi," kata Veri.

Ia menjelaskan, hitung cepat yang dilakukan Konsepindo, populasi surveinya adalah seluruh TPS se-Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi.

Setiap unit populasi (TPS) mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel utama.

"Sehingga, jumlah TPS sampel yang kami tetapkan untuk quick count adalah 2.000 TPS. Sampel dipilih menggunakan metode multistage random sampling," katanya.

Hasil quick count katanya memiliki margin of error sebesar sekitar 1 persen dengan tingkat kepercayaan 99 persen.

"Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 20 persebln dari total sampel dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan spotcheck pasca survei," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved