Pemilu 2019

UPDATE TERBARU: 9 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen dan 7 Parpol Tak Lolos Parliamentary Threshold

Sembilan parpol ini diperkirakan bakal lolos ambang batas palemen dan berhak memperoleh kursi di DPR, sementara 7 parpol tidak lolos.

UPDATE TERBARU: 9 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen dan 7 Parpol Tak Lolos Parliamentary Threshold
Wartakotalive.com/Suprapto
Perolehan suara 16 partai politik peserta Pemilu 2019 berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas. Suara masuk 87 persen sampai Kamis (18/4/2019) pagi. Ada 9 parpol lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT), yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PPP. 

Sembilan parpol ini diperkirakan bakal lolos ambang batas palemen dan berhak memperoleh kursi di DPR. Sementara itu, 7 parpol tidak lolos ambang batas parlemen, satu di antaranya Partai Hanura.

SEMBILAN Partai Politik atau Parpol diperkirakan bakal lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) 2019.

Parliamentary Threshold adalah ambang batas minimal perolehan suara partai politik (parpol) untuk bisa memperoleh kursi di parlemen (DPR).

Ambang batas parlemen ditetapkan 4 persen sebagaimana diatur dalam pasal 414 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Bunyi Pasal 414 UU No 7 tahun 2017 adalah sebagai berikut:

UPDATE SURVEI: 7 Parpol Tak Lolos Ambang Batas Parlemen Pemilu 2019, Ini Daftar Partai Gagal

UPDATE SURVEI: 6 Parpol Lolos Ambang Batas Parlemen: 3 Dukung Jokowi-Amin, 3 Dukung Prabowo-Sandi

Daftar Jadwal Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung dan Paskah di Gereja GPIB, GKI, dan GBI di Jakarta

Pasal 414:  (1) Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4% (empat persen) dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR.

(2) Seluruh Partai Politik Peserta Pemilu diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Pasal 414 UU No 7 tahun 2017 itu berarti, partai politik peserta Pemilu 2019 yang perolehan suaranya di bawah 4 persen tidak akan memperoleh kursi di parlemen (DPR).

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Litbang Kompas, dari 16 parpol peserta Pemilu 2019, diperkirakan hanya 9 parpol lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT). 

Sampai Kamis (18/4/2019) pagi, hitung cepat Litbang Kompas itu sudah mencapai 87 persen suara masuk.

Halaman
1234
Penulis: Suprapto
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved