Rencana Pembangunan Terminal Bekasi Tidak Pernah Terwujud Cenderung Berlarut

Terminal Tipe B yang ada saat ini di Jalan Cut Meutia Kecamatan Bekasi Timur, seluas 1,2 hektar, dianggap sudah tidak memadai lagi.

Rencana Pembangunan Terminal Bekasi Tidak Pernah Terwujud Cenderung Berlarut
Warta Kota/Muhammad Azzam
Pembangunan Terminal Induk Bekasi yang berencana dipindahkan belum kunjung terwujud. 

Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyatakan pembangunan Terminal Baru Tipe A di wilayah setempat sangat mendesak.

Terminal Tipe B Kota Bekasi, yang ada saat ini di Jalan Cut Meutia Kecamatan Bekasi Timur, seluas 1,2 hektar, dianggap sudah tidak memadai untuk melayani masyarakat.

"Kalau secara administrasi Terminal Induk Bekasi saat ini merupakan tipe B, namun dimanfaatkan sebagai tipe A karena angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) masuk ke terminal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Yayan Yuliana pada Kamis (18/4/2019).

Rencana pembangunan terminal yang sudah direncanakan lama itu tidak kunjung bisa diwujudkan meski sudah lama direncanakan.

Yayan mengatakan kondisi Terminal Induk Bekasi yang ada saat ini juga sudah padat, karena bukan melayani bus AKAP, tapi melayani angkutan perkotaan (angkot) lainnya seperti KWK, Mikrolet hingga bajaj. Atas dasar itulah, pemindahan terminal dari Bekasi Timur ke Jatiasih sangat tepat.

Menurut dia, selain memanfaatkan lahan dari pengembang, pemilihan lokasi terminal baru di Kelurahan Jatiwarna, Kecamatan Jatiasih juga karena berdekatan dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Lingkar Luar Jakarta. Posisinya, kata dia, sangat memudahkan angkutan umum jenis AKAP yang cenderung melintasi tol saat perjalanan.

"Pembangunan terminal di pinggir ruas tol juga untuk mengurangi beban jalan arteri yang biasa dilintasi oleh kendaraan besar seperti bus," jelasnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved