Pemilu 2019

Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Tembus 80,90 Persen, Jauh Lampaui Target KPU 77,5 Persen

Wiranto menyebut partisipasi pemilih di Pemilu serentak 2019 sangat tinggi, yakni mencapai 80,90 persen.

Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Tembus 80,90 Persen, Jauh Lampaui Target KPU 77,5 Persen
WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Wiranto memberikan keterangan terkait rapat koordinasi pengamanan pasca-Pemilu 2019. 

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebut partisipasi pemilih di Pemilu serentak 2019 sangat tinggi, yakni mencapai 80,90 persen.

Angka tersebut, menurut Wiranto, lebih tinggi dari target yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni sebesar 77,5 persen.

"Partisipasi pemilih mencapai 80,90 persen, telah melampaui target yang ditetapkan sebesar 77,5 persen. ‎Hal ini menunjukkan bahwa siapa pun presiden yang terpilih, akan memiliki legitimasi yang tinggi," tegas Wiranto di kantornya, Kamis (18/4/2019).

Prabowo Sangat Yakin Bisa Rebut 63 Persen Suara, Ini Alasannya

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, target 77,5 persen itu ‎termasuk realistis bagi negara demokratis seperti Indonesia.

Angka itu, kata Arief Budiman, cukup tinggi ketimbang negara lain. Apalagi, masyarakat Indonesia semakin sadar untuk menggunakan hak pilihnya.

Arief Budiman menambahkan, KPU tidak menetapkan target partisipasi hingga 100 persen, lantaran Indonesia adalah negara demokratis, di mana warga bisa memilih maupun tidak.

Ini Dua Rekomendasi Bawaslu kepada KPU Terkait Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Wiranto hari ini mengelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak, terkait pengamanan pasca-Pemilu 2019.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Jaksa Agung HM Prasetyo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Seusai mengelar rapat tertutup itu, Wiranto menyampaikan beberapa hal terkait pengamanan pasca-pemilu. Meskipun, sebelumnya ia menyampaikan Pemilu 2019 berjalan lancar dan damai.

Moeldoko Ungkap Raja Arab Saudi Banyak Bicara Saat Makan Malam Bareng Jokowi, Beda Saat di Indonesia

"Tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara Pemuu Serentak Tahun 2019 telah berjalan aman, tertib, dan lancar serta damai," kata Wiranto dalam konferensi pers di Gedung Kemenkopolhukam, Gambir, Kamis (18/4/2019).

Halaman
1234
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved