OJK Telah Terbitkan Pedoman Iklan Layanan Jasa Keuangan

Pedoman terkait iklan layanan jasa keuangan tersebut telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada Selasa (16/4/2019).

OJK Telah Terbitkan Pedoman Iklan Layanan Jasa Keuangan
thinkstockphotos
Ilustrasi. Pedoman terkait iklan layanan jasa keuangan tersebut telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada Selasa (16/4/2019). Pedoman yang dikeluarkan oleh OJK itu telah mengatur dan menindak tegas iklan layanan jasa keuangan yang terbukti memberi informasi yang menyesatkan konsumen atau nasabah. 

Pedoman terkait iklan layanan jasa keuangan tersebut telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Mengatur dan menindak tegas iklan layanan jasa keuangan yang terbukti memberi informasi yang menyesatkan konsumen atau nasabah.

WARTA KOTA, PALMERAH--- Pedoman terkait iklan layanan jasa keuangan tersebut telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada Selasa (16/4/2019).

Pedoman yang dikeluarkan oleh OJK itu telah mengatur dan menindak tegas iklan layanan jasa keuangan yang terbukti memberi informasi yang menyesatkan konsumen atau nasabah.

Pedoman tersebut dibuat berdasarkan pada pasal 28 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK.

Menengok Kampung Kembang Goyang di Kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan

Selain itu, juga merujuk pada POJK Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan

Dalam pedoman tersebut, iklan merupakan suatu bentuk komunikasi melalui media tentang produk dan/atau layanan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) baik yang disampaikan secara langsung maupun tidak langsung oleh LJK kepada masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu.

Kebijakan Pemerintah Berubah, Saat Ini Waktu Tepat untuk Beli Rumah

Sedangkan yang dimaksud kategori produk antara lain: tabungan, deposito, asuransi jiwa, asuransi kerugian, asuransi kesehatan, pembiayaan, reksadana, layanan urunan dana, layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi.

Sedangkan LJK adalah bank umum, bank perkreditan rakyat, perusahaan efek, penasihat investasi, bank kustodian, dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan reasuransi, lembaga pembiayaan, perusahaan gadai.

Soal Pembicaraan Nuklir dengan Amerika Serikat, Pemimpin Korea Utara Coba Senjata Baru

Selain itu ada perusahaan penjaminan, dan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi baik yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional maupun secara syariah, penyelenggara layanan urun dana berbasis teknologi informasi (equity crowdfunding), dan lembaga jasa keuangan lainnya yang memperoleh izin atau pendaftaran dari Otoritas Jasa Keuangan.

Ada empat pedoman yang harus dipenuhi layanan jasa keuangan dalam mempublikasikan iklan, yakni akurat, jelas, jujur, dan tidak menyesatkan.

Tirta Segara, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, mengatakan, pedoman ini dibuat agar masyarakat dapat mengakses informasi yang jelas, akurat, jujur, dan tidak menyesatkan dari iklan yang dipublikasikan.

Sehingga potensi terjadinya dispute di kemudian hari akibat perkenalan yang salah dengan produk dan layanan jasa keuangan dapat dicegah.

Trend Akuarium, Sekarang Ikan Hanya Pelengkap: Berupa Jadi Aquaspace

Investasi Saham yang Memberikan Dividen Adalah Bagus? Ada Penjelasan dari Kepala Investasi

Berita ini sudah diunggah di Kontan.co.id dengan judul Simak pedoman iklan jasa keuangan yang diatur OJK

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved