Pencanangan Kota Tanpa Kabel

Kawasan Danau Sunter Jadi Pilot Project Kota Tanpa Kabel di Jakarta Utara

Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menjadikan kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai pilot project kota tanpa kabel.

Kawasan Danau Sunter Jadi Pilot Project Kota Tanpa Kabel di Jakarta Utara
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Utara Ardan Solihin. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

TANJUNG PRIOK, WARTAKOTALIVE.COM -- Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menjadikan kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara sebagai pilot project kota tanpa kabel.

Rencananya pencanangan pilot project kota tanpa kabel tersebut akan dipimpin langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Utara Ardan Solihin mengatakan pencanangan pilot project kota tanpa kabel di kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara akan dilakukan pada 25 April 2019 mendatang. 

“Rencana pilot project kota tanpa kabel akan dipimpin langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan melakukan pemutusan kabel di depan SPBU Shell,” katanya, Kamis (18/4). 

Ardan menambahkan keinginan untuk menjadikan kawasan Danau Sunter sebagai pilot project kota tanpa kabel semata-mata untuk memberikan kenyamanan.

Pasalnya kondisi yang terjadi saat ini dianggap telah mengganggu warga. 

“Keberadaan jaringan utilitas pada saluran air menyebabkan penyumbatan dan bisa berpotensi banjir. Sehingga mengganggu kenyamanan para pejalan kaki,” ujarnya. 

Hal itu juga sejalan dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 126 Tahun 2018 tanggal 18 Desember 2018 mengenai Penataan dan Penertiban Jaringan Utilitas untuk mewujudkan kota yang indah, menyenangkan dan sedap dipandang mata. 

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Utara Ardan Solihin saat menjelaskan kawasan Danau Sunter dijadikan pilot project kota tanpa kabel di Jakarta Utara, Kamis (18/4).
Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Jakarta Utara Ardan Solihin saat menjelaskan kawasan Danau Sunter dijadikan pilot project kota tanpa kabel di Jakarta Utara, Kamis (18/4). (Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan)

“Penerbitan Instruksi Gubernur tersebut dilatar belakangi kondisi jaringan utilitas seperti kabel udara dan tiang penyangga kabel udara eksisting yang tidak tertata,” katanya. 

Ardan menegaskan setelah berhasil melakukan penataan kawasan Danau Sunter menjadi salah satu destinasi wisata baru di pesisir Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Utara bertekad menampilkan inovasi baru kota tanpa kabel. 

“Semua itu (jaringan utilitas) nanti akan ditanam dalam tanah. Tiangnya juga harus dibersihkan dan goalnya Kota Jakarta Utara tampak lebih tertata rapi,” tuturnya.

Tidak lupa Ardan pun memberikan apresiasi kepada para vendor atau pemilik utilitas yang mau bekerjasama untuk membantu proses penataan demi menciptakan Jakarta Utara lebih baik.

“Terima kasih untuk duduk bersama dan bertukar pikiran membahas ini,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved