Pemilu 2019

TPS Kampung Akuarium, Petugas Terus Ingatkan Agar Warga Tak Bawa Handphone ke dalam Bilik Suara

Petugas KPPS di TPS Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara terus mengingatkan agar pemilih tidak membawa handphone saat masuk ke bilik suara.

TPS Kampung Akuarium, Petugas Terus Ingatkan Agar Warga Tak Bawa Handphone ke dalam Bilik Suara
Phinemo.com
ILUSTRASI Larangan membawa handphone ke lokasi bilik suara di TPS. 

“Sebenernya ingin pamer sih, tapi ternyata tidak boleh. Memang pilihan itu sifatnya rahasia ya. Jadi nanti foto pake handphone di depan TPS aja.”

WARGA yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 033 dan 040 Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara diingatkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar tidak membawa telepon selular atau handphone. 

Himbauan berupa tulisan ‘Dilarang Membawa HP ke Dalam Bilik TPS’ juga dipasang tepat di bawah petunjuk TPS 040. Selain itu beberapa kali petugas juga sempat mengingatkan warga dengan cara memberi pengumuman. 

“Ayo handphone-nya dititipkan ke petugas,” ujar Ketua KPPS TPS 040 Kampung Akuarium Topas Juanda, Rabu (17/4/2019). 

Topas juga sempat mengingatkan pemilih untuk menitipkan handphone kepada petugas KPPS apabila terlanjur membawa ke lokasi melalui pengeras suara saat memanggil warga sesuai daftar urut. 

“Sekali lagi Bapak dan Ibu, teman-teman semua dilarang membawa handphone ke bilik suara. Bisa dititipkan dulu ke rekan atau petugas,” ujar Topas. 

Meski demikian, masih saja ada beberapa warga yang lupa dengan peraturan tersebut. Seorang warga, Evi (35) mengaku lupa dengan peraturan tersebut sehingga tetap membawa handphone ke bilik suara.

“Karena tadi nunggu sambil mainan handphone, waktu dipanggil buru-buru maju buat memilih, eh lupa handphone masih dibawa,” ujar Evi.

Sementara warga Kampung Akuarium lainnya, Diah (30) mengaku tidak tahu dengan adanya peraturan tidak boleh membawa handphone. Padahal ia ingin memamerkan di sosial media saat melakukan pencoblosan.

“Sebenernya ingin pamer sih, tapi ternyata tidak boleh. Memang pilihan itu sifatnya rahasia ya. Jadi nanti foto pake handphone di depan TPS aja,” tuturnya. 

Sekadar informasi larangan mendokumentasikan pencoblosan surat suara tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved