Pemilu 2019

Selembar Surat Suara Pilpres di Bekasi Sudah Tercoblos

Bawaslu Kota Bekasi mendapat laporan adanya selembar surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang telah tercoblos.

Selembar Surat Suara Pilpres di Bekasi Sudah Tercoblos
Warta Kota/Henry Lopulalan
Tahanan KPK menunjukan surat suara di TPS 012 di Gedung Merah Putih, KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). 

BEKASI, WARTAKOTALIVE.COM -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi mendapat laporan adanya selembar surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang telah tercoblos.

Surat suara yang tercoblos pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin ini diperoleh di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 32 Kelurahan Jatiluhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Ali Mahyail mengatakan atas temuan itu maka surat suara tersebut langsung didiskualifikasi atau dinyatakan tidak sah.

"Kami sudah minta untuk surat suara yang sudah tercoblos itu tidak sah untuk digunakan dalam penghitungan surat suara," kata Ali pada Rabu (17/4) petang.

Menurut dia, surat suara yang telah tercoblos langsung diketahui oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), bukan oleh warga.

Petugas, kata dia, kemudian memanggil saksi dan masyarakat setempat bahwa surat suara tersebut dinyatakan tidak sah.

"Laporan di kami baru ada satu TPS yang di Jatiasih. Kemungkinan dua TPS lainnya masih dalam pendataan petugas kecamatan. Namun, sekali lagi setiap surat suara yang tercoblos dipastikan tidak saah untuk dihitung," jelas Ali.

Hingga kini pihaknya cukup menerima banyak laporan terkait kendala pelaksanaan Pemilu.

Salah satunya, masih adanya TPS yang belum menerima surat suara di hari pencoblosan. "Kekurangan surat suara itu kebanyakan untuk DPR RI," ungkapnya. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved