Pemilu 2019

Pemilu Susulan di Kota Jayapura, Bawaslu Papua: Indikasi Sudah Tercium, Investigasi Segera Digelar

Kegagalan pendistribusian logistik Pemilu di Kota Jayapura sangat fatal dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara.

Pemilu Susulan di Kota Jayapura, Bawaslu Papua: Indikasi Sudah Tercium, Investigasi Segera Digelar
Kompas.com/Dhias Suwandi
Logistik Pemilu 2019 yang masih berada di KPUD Kota Jayapura dan belum terdistribusi ke 744 TPS di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura, Rabu (17/04/2019). 

"Kalau mau bilang ini adalah KLB. Kenapa, karena baru kali ini terjadi. Terjadinya di Kota Jayapura lagi, kalau di wilayah pegunungan Papua yang akses transportasinya susah, bisa dimaklumi."

BAWASLU akan melakukan investigasi masalah pendistribusian logistik Pemilu 2019 di Kota Jayapura, Papua, yang membuat pelaksanaan pencoblosan di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan, ditunda ke hari Kamis, 18 April 2019.

Menurut Komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoah, investigasi yang menyebabkan terjadinya Pemilu Susulan di 744 TPS Kota Jayapura itu akan segera dilakukan oleh tim dari Bawaslu Kota Jayapura.

"Indikasi ini sudah tercium beberapa hari dan bisa terlihat dengan gagalnya pelaksanaan pencoblosan hari ini. Kami akan lakukan investigasi. Dan kami akan telusuri hingga ke akar-akarnya," tandas Ronald, di Kantor KPU Kota Jayapura, Rabu (17/4/2019).

Dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, menurut Ronald, kegagalan pendistribusian logistik Pemilu di Kota Jayapura sangat fatal dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara.

Kamis, Pemilu Susulan di 744 TPS Kota Jayapura Papua, Ini Penyebabnya

Mau Nyoblos Logistik Pemilu Belum Tersedia, Gubernur Papua: Apa Ini Ada Intervensi dari Pihak Lain?

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan menyebut, masalah yang terjadi di Kota Jayaputa adalah Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Kalau mau bilang ini adalah KLB. Kenapa, karena baru kali ini terjadi. Terjadinya di Kota Jayapura lagi, kalau di wilayah pegunungan Papua yang akses transportasinya susah, bisa dimaklumi," cetus dia.

Maka, Ia berharap, dengan keputusan Pemilu susulan, tidak membuat minat masyarakat untuk menyalurkan suaranya menurun.

Logistik Pemilu 2019 yang masih berada di KPUD Kota Jayapura dan belum terdistribusi di 744 TPS yang ada di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura, Rabu (17/04/2019).
Logistik Pemilu 2019 yang masih berada di KPUD Kota Jayapura dan belum terdistribusi di 744 TPS yang ada di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura, Rabu (17/04/2019). (Kompas.com/Dhias Suwandi)

Pemilu Susulan

Sebelumnya, KPUD Kota Jayapura memutuskan untuk melakukan Pemilihan Umum (Pemilu) susulan terhadap 744 tempat Pemungutan Suara (TPS) susulan yang tersebar di Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan (Japsel).

Hal tersebut diputuskan karena hingga Rabu siang (17/04/2019), logistik Pemilu masih berada di gudang KPU.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved