Pemilu 2019

Kamis, Pemilu Susulan di 744 TPS Kota Jayapura Papua, Ini Penyebabnya

KPUD Kota Jayapura memutuskan 744 TPS yang tersebar di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan akan menggelar Pemilu susulan, Kamis (18/4/2019) besok.

Kamis, Pemilu Susulan di 744 TPS Kota Jayapura Papua, Ini Penyebabnya
Kompas.com/Dhias Suwandi
Logistik Pemilu 2019 yang masih berada di KPUD Kota Jayapura dan belum terdistribusi di 744 TPS yang ada di Distrik Jayapura Selatan dan Abepura, Rabu (17/04/2019). 

Ketika Pemilu 2019 di Kota Jayapura ditunda Kamis (18/4/2019) besok, pencoblosan di Kabupaten Jayapura baru mulai siang hari. Bupati Jayapura pun minta keterlambatan logistik Pemilu di wilayahnya diinvestigasi oleh Bawaslu.

KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Jayapura memutuskan 744 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan akan menggelar Pemilu susulan pada Kamis (18/04/2019) besok.

Hal tersebut diputuskan karena hingga Rabu siang (17/04/2019), logistik Pemilu masih berada di gudang KPU.

"Kami terlambat menerima formulir C1 dan C7. Kami juga terlambat pada saat pleno DPTHP tingkat provinsi pada tanggal 12 April 2019. Setelah kami menerima hasil pleno DPTHP itulah baru kami bisa melakukan download untuk diperbanyak dan dikirim ke TPS-TPS," ujar Ketua KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama, di Jayapura, Rabu (17/04/2019).

KPUD Kota Jayapura diakuinya juga mengalami kendala dengan format C6 (surat undangan pemilih) karena format yang diterima KPUD Kota Jayapura dari KPU Papua berupa format C6 KWK.

Mau Nyoblos Logistik Pemilu Belum Tersedia, Gubernur Papua: Apa Ini Ada Intervensi dari Pihak Lain?

Sebagai informasi 744 TPS yang ditunda pelaksanaan Pemilu tersebut di antaranya 369 TPS di Distrik Abepura dan 375 TPS di Distrik Japsel.

Sementara Ketua KPU Papua Theodorus Kossay menjelaskan, keputusan penundaan tersebut merupakan hasil rapat bersama antara KPU Provinsi, KPU Kota Jayapura dan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota Jayapura.

Terkait hal tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan pihaknya akan melakukan pegamanan secara menyeluruh terhadap proses Pilkada di Papua khususnya di Papua.

"Proses ini akan kami kawal. Dari hasil koordinasi kami dengan pihak KPUD Kota Jayapura dan KPU Papua bahwa akan dilakukan Pilkada susulan di dua distrik. Untuk itu, pengamanan akan dilakukan sehingga tidak ada kecurangan di saat prosesnya nanti," cetusnya.

Investigasi

Bupati Jayapura Mathias Awaitouw sedang memantau situasi di TPS 043 Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (17/04/2019).
Bupati Jayapura Mathias Awaitouw sedang memantau situasi di TPS 043 Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (17/04/2019). (Kompas.com/Dhias Suwandi)

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathias Awaitouw meminta Bawaslu melakukan investigasi atas masalah keterlambatan penyaluran logistik ke TPS-TPS.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved