Pemilu 2019

Ini Dua Rekomendasi Bawaslu kepada KPU Terkait Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Bawaslu mengatakan hingga Selasa kemarin pihaknya belum bisa mengakses surat suara sah yang tercoblos sebelum pemungutan suara di Malaysia.

Ini Dua Rekomendasi Bawaslu kepada KPU Terkait Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia
Bawaslu
ABHAN, Ketua Bawaslu 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan hingga Selasa (16/4/2019) kemarin pihaknya belum bisa mengakses surat suara tercoblos di Malaysia.

“Iya, memang kami hingga hari ini belum bisa mengakses surat suara tersebut,” ungkap Ketua Bawaslu Abhan di Jakarta, kemarin.

Abhan mengatakan pihaknya akan terus mengusut kasus tersebut, kalau perlu hingga dibawa ke ranah pidana.

Para Caleg yang Gagal di Pemilu Berpotensi Alami Gangguan Jiwa, Begini Gejala Awalnya

Bawaslu juga baru saja mengeluarkan dua rekomendasi untuk menjaga proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Negeri Jiran tersebut.

Yaitu, memerintahkan pemungutan suara ulang untuk metode pos dan memberhentikan dua anggota PPLN (Panitia Pemilu Luar Negeri) Kuala Lumpur, yaitu Krishna Hannan dan Djajuk Natsir, untuk menghindari konflik kepentingan.

“Dua rekomendasi kita keluarkan untuk selamatkan terlebih dahulu Pemilu besok,” tegasnya.

Begini Kronologi Penangkapan Pria di Depan Posko Caleg Petahana Partai Gerindra M Taufik

Sebelumnya, dua anggota Bawaslu Rahmat Bagja dan Ratna Dewi sudah terbang ke Malaysia untuk melakukan investigasi terhadap kasus yang terjadi Kajang, Bangi, dan Selangor tersebut.

Namun, Polisi Diraja Malaysia menyatakan belum mengizinkan Bawaslu untuk mengakses langsung surat suara tercoblos, kecuali melalui proses peradilan atau ada permintaan dari kepolisian.

Bawaslu lantas mengeluarkan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan pemungutan suara ulang, khusus untuk metode pos di Kuala Lumpur, pemungutan suara lanjutan di Sidney, hingga perintah penggantian dua anggota PPLN di Malaysia, sebagai buntut adanya kasus dalam pelaksanaan pemungutan suara di kedua negara tersebut.

Tips Agar Tak Jadi Korban Pembobol Rekening Bermodus Ganjal ATM Pakai Tusuk Gigi

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, tindakan yang diambil Bawaslu tersebut adalah untuk menyelamatkan pelaksanaan Pemilu besok.

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved