Pemilu 2019

Ada 538 Tahanan di Rutan Polda Metro Jaya yang Ikut Nyoblos

Polda Metro Jaya telah menyiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi para tahanan di Rutan Polda Metro Jaya untuk memberikan hak suaranya.

Ada 538 Tahanan di Rutan Polda Metro Jaya yang Ikut Nyoblos
Kompas.com/Shutterstock
Ilustrasi. 

SEMANGGI, WARTAKOTALIVE.COM -- Sebanyak 538 tahanan yang mendekam di rumah tahanan Polda Metro Jaya telah terverifikasi dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU.

Artinya mereka memiliki hak memberikan suaranya atau melakukan pemungutan suara pada pelaksanaan Pemilu 17 April, besok.

Untuk itu Polda Metro Jaya telah menyiapkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi para tahanan di Rutan Polda Metro Jaya untuk memberikan hak suaranya.

Hal itu dikatakan Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas, Selasa (16/4/2019).

"Sebanyak 538 tahanan yang sudah terverifikasi oleh KPU dan terdaftar dalam DPT, di dua TPS di Polda Metro Jaya. Mereka berhak memberikan hak suaranya Rabu 17 April," kata Barnabas.

Menurut Barnabas, awalnya jumlah tahanan yang terdata di rumah tahanan Polda Metro Jaya lebih banyak yang telah terdaftar dalam DPT saat ini.

Namun sebagian besar mereka sudah dipindahkan le Lapas dan sudah dilaporkan pula ke KPU.

"Sebab ada pula tahanan titipan dan tahanan kota. Mereka keluar masuk di rutan kami, mobilitasnya tinggi sekali. Nah itu sudah kita data dari awal sejak bulan lalu. Berapa yang sudah pindah ke lapas, pindah ke rutan lainnya, kita koordinasikan dengan KPU. Nah sekarang ada 583 tahanan yang terdata masuk di DPT," kata Barnabas.

Ia menjelaskan dua TPS dimana para tahanan akan mencoblos dibuar di dekat gedujng Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya dan di samping gedung Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

Kedua TPS itu katanya juga kan dijaga oleh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS seperti TPS lain.

"Serta waktu pemungutan suara dan semua prosesnya sama dengan TPS lain. Hanya saja kita menjaga lebih ketat tahanan saat mereka memberikan hak suaranya," kata Barnabas.

Kedua TPS di Polda Metro Jaya itu katanya masuk ke dalam Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Sehingga hasil penghitungan suara di dua TPS itu nanti kita serahkan ke kelurahan setempat," kata dia.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved