Berita Video

VIDEO: TPS Unik di Depok Pakai Tema Nusantara

Ia mengatakan, para warga juga akan disambut dengan pegawai TPS yang menggunakan pakaian adat Nusantara sesuai dengan ciri khas TPS.

TPS di RW 003, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok didekorasi dengan unik.

Langkah ini sengaja dibuat sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian warga pada Pemilihan Umum 2019 ini,

Pantauan Kompas.com, tampak delapan TPS dalam RW ini disatukan di sebuah lapangan dengan tema “Kampung Pemilu Nusantara”. Pintu masuk TPS itu tampak didesain dari bambu-bambu yang dipasangi bendera merah putih.

Masing-masing TPS didekorasi sesuai dengan adat masing-masing, yakni adat Jawa, Batak, Bali, Sunda, dan Melayu.

Film Dokumenter Watchdoc Sexy Killers Tembus 5 Juta Views, Sebut Nama-nama Petinggi Negara

Untuk memperindah TPS itu, tidak ketinggalan nuansa merah putih digunakan sebagai tenda di TPS tersebut. TPS 22 ini tampak didesain sebagai adat Batak, ada rumah adat khas Batak sebagai background, di tiang-tiangnya pun dihiasi kain ulos.

Syarifudin, Ketua Panitia Pelaksana Pemilu Nusantara, mengatakan, TPS ini didekorasi guna menarik warga untuk datang mencoblos.

“Tema pemilu Nusantara ini juga diusung agar budaya Nusantara tidak terlupakan oleh warga-warga Indonesia,” ucap dia di kantor RW 003, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Selasa (15/4/2019).

Ia mengatakan, para warga juga akan disambut dengan pegawai TPS yang menggunakan pakaian adat Nusantara sesuai dengan ciri khas TPS.

VIDEO: Dul Jaelani Wakili Ahmad Dhani Meluncurkan Box Set Album

“Ya nanti penjaga TPS menggunakan berbagai pakaian adat sesuai dengan ciri khas TPS,” ucapnya. Sementara Nuryadin Rahman, Ketua RW 003, mengatakan, tiang pancang yang ditancapkan di tengah lapangan dibuatkan dengan arti masyarakat bersatu.

“Ingin semua bersatu dengan adanya dekorasi tiang pancang ini,” ucap Nuryadin. Kemudian, di tengah lapangan ini dibuatkan juga empang buatan dengan arti kampung Depok sesungguhnya.

“Empang ini sebenarnya kaya menandakan, oh kita ini Depok banget karena terkenal dengan empangnya,” ucap Nuryadin. Ia mengatakan, pendekorasian TPS unik ini sudah tiga kali dilakukan selama pesta demokrasi.

Video Fitnah Rumah Mewah Ustadz Abdul Somad (UAS) Dipersiapkan Matang, Pakai Drone Segala

“Ini pertama saat Pilpres 2014, tahun 2018 untuk pemilihan kepala daerah serentak. Nah yang ketiga ini pada Pemilu Umum 2019,” katanya. Adapun dalam TPS ini tergabung RT 1-RT 11 yang ditampung di RW 003 dengan jumlah 1.7000 yang jadi pemilih tetap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tarik Warga Mencoblos, TPS di Depok Didesain ala Adat Nusantara",
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Erlangga Djumena

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved