Berita Video

VIDEO: Tips Mendongeng dari Paman Gery Agar Anak Tidak Bosan

Metode kedua yang harus dilakukan adalah dengan menirukan suara-suara yang ada pada gambar atau buku cerita

Membiasakan putra putri membaca memang tak mudah. Para orang tua diharuskan memutar otak agar dapat mendorong buah hati gemar membaca.

Salah satunya adalah dengan mendongeng sebagai langkah awal menumbuhkan minat membaca.

Tapi, mendongeng ternyata tak sembarangan, ada metode-metode yang harus diperhatikan agar sang anak tertarik mendengarkan dongeng.

Gery Puraatmadja atau yang akrab disapa Paman Gery, seorang pendongeng mengatakan,ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendongeng untuk anak.

Pertama, Gery mengatakan harus dilakukan pendekatan secara emosional sebelum memulai mendongeng, sehingga orang tua tak hanya sekedar membaca tanpa ada irama.

“Jadi, seandainya pun ceritanya salah, nama-namanya lupa, ujung cerita enggak karuan, buat anak-anak hal itu enggak masalah yang penting keterikatan emosi,” papar Gery saat ditemui dalam acara peluncuran Happy Meal Readers McDonald’s di McDonald’s Sarinah, Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

Film Dokumenter Watchdoc Sexy Killers Tembus 5 Juta Views, Sebut Nama-nama Petinggi Negara

Metode kedua yang harus dilakukan adalah dengan menirukan suara-suara yang ada pada gambar atau buku cerita, misalnya menirukan suara kucing, anjing, dan lainnya.

Dengan hal tersebut, Gery mengatakan anak-anak diajak berimajinasi sehingga mengajarkan anak untuk coba mengeksplore lagi kemampuan berpikir mereka.

Ketiga, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana orang tua mampu menunjukkan ekspresinya melalui mimik wajah.

“Sehingga dengan begitu, interaksi tetap terjadi, mendongeng itu bukan mengajarkan anak masuk ke dunia orang dewasa tetapi justru bagaimana orang tua bisa masuk ke dunia anak-anak,” tutur Gery.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved