Pemilu 2019

TPS di Depok Ini Sediakan Doorprize Tiga Sepeda untuk Pemilih yang Sudah Mencoblos

Untuk lebih memeriahkan acara, panitia juga menyediakan hadiah kejutan alias doorprize berupa sepeda bagi pemilih yang beruntung.

TPS di Depok Ini Sediakan Doorprize Tiga Sepeda untuk Pemilih yang Sudah Mencoblos
Warta Kota
Kampung Pemilu Nusantara di Jalan Nenas, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, berhias delapan adat nusantara dan menyiapkan doorprize berupa tiga unit sepeda. 

Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2019 yang akan digelar pada Rabu, 17 April 2019.

Di Kota Depok, warga RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, berinisiatif mendirikan delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekaligus di satu lokasi, dan diberi nama Kampung Pemilu Nusantara.

Delapan TPS itu adalah TPS 18, TPS 19, TPS 20, TPS 21, TPS 22, TPS 23, TPS 24, dan TPS 25. Seluruh pemilih warga 11 RT di RW 03 akan mencoblos serentak di tempat ini.

Saat disambangi Warta Kota, Selasa (16/4/2019) siang, Kampung Pemilu Nusantara yang terletak di Jalan Nenas tampak meriah dan unik karena dihiasi beragam ornamen bertema adat Nusantara.

Masing-masing TPS dihias berbeda antara satu dengan yang lain, namun masih dalam tema adat nusantara. Ada TPS yang berhias adat Jawa Timur, ada yang bercorak Padang, lalu Batak, Sunda, Bali, Jawa Tengah, Betawi, serta Semarang.

Ketua Panitia Kampung Pemilu Nusantara sekaligus Ketua RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Nuryadin Rahman (48), mengatakan, dia bersama warga sudah menyiapkan lokasi TPS ini selama dua pekan.

"Tema kita adalah Pemilu Damai di Kampung Pemilu Nusantara. Temanya ini hasil rembuk RW, jadi masing-masing PKK RT mengajukan. Kan ada 11 RT di sini. Kita kumpulkan semua, kita minta mereka sanggupnya adat apa aja," ujar Nuryadin saat ditemui Warta Kota di Kampung Pemilu Nusantara.

Selain TPS yang dihias bergaya adat nusantara, saat hari pencoblosan, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) juga bakal mengenakan pakaian adat nusantara sesuai tema TPS masing-masing.

Dikatakan Nuryadin, panitia sudah menyiapkan hadiah menarik bagi KPPS berpenampilan terbaik nantinya.

"Misalnya di TPS Bali, KPPS-nya memakai pakaian Bali. TPS Sunda pakai baju Sunda. Karena ini dilombakan. Nanti akan mendapat hadiah menarik dari RW, ada Piala RW. Jurinya juga dari luar, biar netral," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved