Pemilu 2019

Jelang Pemilu, 74.000 Orang Masuk ke Indonesia

Sebanyak 74.000 Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri masuk ke Indonesia jelang pencoblosan Pemilu 2019. Data tersebut membantah kabar hoaks

Jelang Pemilu, 74.000 Orang Masuk ke Indonesia
istimewa
Kondisi dan suasana pemungutan suara Pemilu 2019 di San Francisco, Sabtu (13/4/2019) terpantau berjalan lancar. (Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco) 

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengungkapkan, sebanyak 74.000 Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri masuk ke Indonesia jelang pencoblosan Pemilu 2019.

Data tersebut membantah kabar hoaks adanya eksodus WNI meninggalkan Indonesia karena ancama kerusuhan Pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Wiranto usai memimpin rapat koordinasi TNI-Polri bersama KPU dan Bawaslu di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4).

"Masih normal, yakni sekitar 70.000. Bahkan yang masuk ada 74.000. Artinya, banyak masyarakat yang sangat antusias memberikan hak suaranya, maka masyarakat enggak perlu takut," katanya.

                Antusias

Wiranto mengaku sempat khawatir karena adanya isu kerusuhan saat pemilu hingga membuat masyarakat meninggalkan Indonesia.

Namun, kabar tersebut tidak benar. Justru masyarakat Indonesia di luar negeri antusias menyambut pemilu kali ini.

"Eksodus ke luar negeri tidak terjadi. Grafik mingguan orang-orang Indonesia ke luar negeri dan datang itu stabil. Tidak ada angka-angka yang mengisyaratkan," imbuhnya.

Wiranto juga mengimbau masyarakat tidak perlu takut dan khawatir untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menggunakan hak pilihnya.

Ia menjanjikan aparat keamanan Polri dan TNI akan terus menjaga keamanan dan keselamatan masrakat yang datang ke TPS.

Halaman
123
Editor: Yupratomo DP
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved