Tanggul Jebol

Ada 50 Warga Jatipadang Mengungsi Akibat Tanggul Jebol

Akibat jebolnya tanggul, air sungai mengalir deras ke area perkampungan dan membuat satu rumah milik warga hampir hanyut.

Ada 50 Warga Jatipadang Mengungsi Akibat Tanggul Jebol
Twitter@BPBDJakarta
Sejumlah petugas PPSU berusaha melakukan perbaikan tanggul yang jebol di RT 03/06, Kelurahan Jatipadang, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017). 

HUJAN yang mengguyur kawasan Depok dan Jakarta Selatan pada Selasa (16/4) siang hingga petang membuat debit Kali Pulo meningkat, menyebabkan tanggul di perkampungan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan kembali runtuh.

Lurah Jatipadang, Novian Wijatnarko mengungkapkan, akibat kejadian itu, sebanyak 50 warga di RT03/06 mengungsi ke masjid Al Ridwan karena rumahnya tergenang air hingga Selasa petang pukul 18.30.

"Ada 50 warga yang terdampak dan saat ini mengungsi ke masjid sambil menunggu genangan di rumah mereka surut," ujar Novian, Selasa petang.

Selain menggenangi rumah warga, banjir akibat tanggul jebol juga menyebabkan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni TPS 70 dan 71 terpaksa dipindahkan ke lokasi lain.

"Ada dua TPS yang terpaksa dipindahkan karena terkena genangan lokasinya," ungkapnya.

Ia menambahkan, penyebab tanggul jebol akibat curah hujan cukup deras dan debit air juga tinggi.

Sehingga, tanggul tidak bisa menahan air, sehingga ambrol dan menggenangi pemukiman warga.

Akibat jebolnya tanggul, air sungai mengalir deras ke area perkampungan dan membuat satu rumah milik warga hampir hanyut.

Sementara itu, gang perkampungan juga lumpuh akibat banyaknya air yang meluap.

Puluhan Satgas Tata Air dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan hingga kini masih berupaya membendung aliran air yang terus mengalir ke perkampungan.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved