Pemkot Jakarta Selatan Bakal Genjot Ekowisata Ciliwung

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah mengupayakan rencana pembukaan ekowisata Ciliwung.s

Pemkot Jakarta Selatan Bakal Genjot Ekowisata Ciliwung
Warta Kota/Feriyanto Hadi
Petugas menyusuri Kali Ciliwung dalam rangka pengembangan ekowisata Sungai Ciliwung, Senin (15/4/2019) 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan tengah mengupayakan rencana pembukaan ekowisata Ciliwung.

Upaya tersebut, menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Imron Yunus, dilakukan dengan memanfaatkan potensi pariwisata di Jakarta Selatan khususnya dan di Jakarta pada umumnya.

“Kami sedang mengupayakan dengan serius rencana pembukaan ekowisata Ciliwung,” ungkap Imron, Senin (15/4/2019).

Menurut Imron, konsep dari ekowisata Ciliwung, ini wisata susur Ciliwung dari Srengseng Sawah ke Lenteng Agung sepanjang sekitar 1,5 kilometer.

“Kemarin kan sempat dilakukan kegiatan serupa saat peringatan Hari Air Sedunia. Terlihat antusiasme warga luar biasa,” kata Imron.

ASN di Pemkot Jakarta Bahas Masalah Normalisasi Sungai Ciliwung

Imron mengungkapkan, bentuk kajian yang dilakukan di antaranya pengukuran arus sungai, tingkat keamanan, dan rencana penggabungan konsep ekowisata dengan promosi seni budaya.

Nantinya, jika terlaksana, juga akan menggandeng masyarakat sekitar aliran sungai dalam rangka pemberdayaan ekonomi warga.

“Yang harus diperhatikan yakni soal kerawanan musibah. Jadi, harus dipikirkan matang-matang soal tingkat keamanannya. Kalau dalam situasi arus normal saya kira sudah bisa dilakukan itu,” katanya.

Imron menyebut, wacana menjadikan ekowisata sudah tercetus sejak puluhan tahun silam. Hanya saja, rencana itu tak pernah terlaksana karena terlalu banyak pertimbangan.

“Tentu ini butuh keseriusan. Karena ini wisata baru, maka akan ada pembangunan infrastruktur yang dilakukan, baik soal akses menuju lokasi maupun faktor-faktor pendukung lainnya.

Kemudian koordinasi dengan instansi terkait semisal BBWSCC. Kalau soal peta bidang, kami sudah punya. Maka dari itu tahun ini sedang kita ajukan,” ungkapnya.

Merasakan Sensasi Susuri Kali Ciliwung

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji menyebut, Sungai Ciliwung mampu menghadirkan banyak potensi baik sosial budaya, ekonomi, bahkan pariwisata.

Untuk memaksimalkan itu, katanya, membutuhkan kerja sama antarlembaga dan instansi termasuk melakukan kajian yang mendalam.

"Ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pariwisata, peningkatan ekonomi masyarakat maupun untuk kegiatan pelestarian dan pengetahuan kebudayaan. Hanya, perlu dikaji mendalam soal misalnya bagaimana kualitas baku mutu airnya, debit airnya, soal kondisi masyarakatnya dan sebagainya," imbuhnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved