Situ di Tangsel

Memiliki Potensi Sebagai Objek Wisata, Situ di Tangsel Disarankan Dikelola Pemerintah Daerah

Memiliki Potensi Sebagai Objek Wisata, Situ di Tangsel Disarankan Dikelola Pemerintah Daerah

Memiliki Potensi Sebagai Objek Wisata, Situ di Tangsel Disarankan Dikelola Pemerintah Daerah
Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Kondisi busa menggunung di Situ Parigi, Pondok Aren, Tangerang Selatan 

Kota Tangerang Selatan memiliki sejumlah situ yang tersebar di beberapa kecamatan dengan kondisi yang memprihatinkan.

Sebelumnya diberitakan, Situ Parigi yang berada di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan tercemar limbah sehingga menyebabkan busa menggunung di dekat pintu air.

Meski memiliki peran penting dalam lingkungan hidup, yakni sebagai kawasan resapan, sampah rumah tangga juga masih kerap ditemui di area situ.

Pantauan Warta Kota, Situ Gintung menjadi area bagi warga untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari berolahraga hingga memancing.
Pantauan Warta Kota, Situ Gintung menjadi area bagi warga untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari berolahraga hingga memancing. (Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)

Anggota Komisi V DPR RI, Sahat Silaban menjelaskan, saat ini status situ di Tangerang Raya masih menjadi kewenangan pemeritah pusat.

"Kita sudah bikin pertemuan di dua daerah termasuk di Tangsel (Tangerang Selatan) dan Kabupaten Tangerang, situ-situ ini masih domain pemerintah pusat," ujar Sahat, Senin (15/4/2019).

Pihaknya pun menyayangkan dengan kondisi sebagian situ di Tangerang Selatan yang sangat memprihatinkan.

Disampaikan Sahat, situ-situ tersebut sebaiknya dikelola oleh pemerintah daerah sehingga dapat dijadikan objek wisata yang memiliki potensi untuk mengembangkan daerahnya.

"Kita sudah sampaikan supaya pemerintah pusat menyerahkan ke pemerintah daerah supaya dikelola menjadi wisata lokal," jelas Sahat.

Di wilayah Tangerang Selatan sendiri terdapat sembilan situ, di antaranya adalah Situ Legoso, Situ Rompong, Situ Pamulang, Situ Bungur, Situ Parigi, Situ Ciledug, Situ Kayu Antap, Situ Pondok Jagung, dan Situ Gintung.

Dipasang Jaring Sampah Selama Setahun, Air Situ Gintung Jadi Jernih Tak Seperti Situ Parigi

Pekerjaan Penjaga Pintu Air Situ Parigi Bertaruh Nyawa, Sayangnya Tak Bisa Pakai BPJS Kesehatan

3 Ton Sampah Diangkut dari Situ Parigi dan Situ Gintung Setiap Harinya

Situ Parigi Tangsel Merana karena Air Berbusa dan Banyak Sampah

Nasib Situ Parigi semakin memrihatinkan, busa putih tebal dan sampah menghiasi situ yang berada di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Nasib Situ Parigi semakin memrihatinkan, busa putih tebal dan sampah menghiasi situ yang berada di Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. (Warta Kota/Zaki Ari Setiawan)
Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved