Indonesia Kirim 3 ’Pilot’ Red Bull Paper Wings 2019 ke Austria

Ketiga pemenang tersebut akan mewakili Indonesia di babak final dunia di Hangar 7, Salzburg-Austria pada bulan Mei mendatang.

Indonesia Kirim 3 ’Pilot’ Red Bull Paper Wings 2019 ke Austria
istimewa
Tiga pemenang final kompetisi ‘Red Bull Paper Wings 2019’ akan mewakili Indonesia di babak final dunia di Hangar 7, Salzburg-Austria pada bulan Mei mendatang. 

SETELAH melewati 2 babak kualifikasi, akhirnya final kompetisi ‘Red Bull Paper Wings 2019’ yang diselenggarakan akhir pekan lalu menghasilkan 3 ‘pilot’ pesawat kertas yang akan mewakili Indonesia ke tingkat dunia.

Ke-3 mahasiswa yang berhasil menjuarai masing-masing kategori tersebut adalah Satrio, Yusron dan Ananda. Mereka akan bergabung dengan ratusan `pilot` terbaik dunia lainnya untuk bersaing meraih juara dunia pada ajang ‘Red Bull Paper Wings World Final’ bulan Mei mendatang di Hangar 7, Salzburg-Austria.

Kompetisi yang menguji keterampilan melipat dan menerbangkan pesawat kertas terbesar di dunia ini diikuti lebih dari 384 universitas dari 64 negara.

Para ‘pilot’ dibagikan selembar kertas A4, yang akan menjadi senjata mereka untuk memberikan atraksi yang mengesankan di depan penggemar dan juri. Penilaian kompetisi pesawat kertas ini terdiri dari 3 kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang dan aerobatik.

Final Nasional Indonesia yang cukup sengit dan seru tersebut, menghasilkan 3 pemenang yang mewakili 3 kategori. Peraih nilai tertinggi untuk kategori jarak terpanjang adalah Satrio Abimanyu dari Politeknik Negeri Jakarta dengan jarak 44.10 meter.

Sedangkan untuk kategori waktu terlama, terpilih Yusron Azhary dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia dengan catatan waktu 9.28 detik.

Untuk kategori aerobatik yang telah dilakukan via Instagram, pemenang dengan vote terbanyak dan kontestan terfavorit merupakan Ananda Rizkytama dari Universitas Indonesia dengan 101 votes.

Ketiga pemenang tersebut akan mewakili Indonesia di babak final dunia di Hangar 7, Salzburg-Austria pada bulan Mei mendatang.

“Beberapa faktor untuk membuat pesawat dapat terbang jauh itu adalah dengan teknik pelipatan pesawat yang memfokuskan titik berat di depan dan cara pelemparan yang benar,” ungkap Satrio ketika ditanya tips menjadi juara.

Sedangkan menurut Yusron Azhary, dibutuhkan trik khusus untuk membuat pesawat dapat dilempar mencapai titik di atas 3-4 meter agar pesawat dapat semakin lama terbang di udara. 

Para pemenang dunia untuk kategori Jarak Terpanjang, Waktu Terlama, Aerobatik dan peringkat terbaik dari game AR, akan mendapatkan hadiah berupa pengalaman berakhir pekan bersama ajang Red Bull Air Race meliputi tiket penerbangan, akomodasi, tiket masuk untuk menonton latihan dan balapan selama akhir pekan, akses masuk ke klub/sky lounge, tur dan kesempatan bertemu salah satu pilot pemenang Red Bull Air Race di belahan dunia lain.

Red Bull Paper Wings

Red Bull Paper Wings adalah kejuaraan dunia pesawat kertas dan acara partisipasi mahasiswa Red Bull terbesar. Idenya sederhana dan unik: mahasiswa harus membuat selembar kertas terbang sejauh mungkin, selama mungkin atau secara artistik melalui udara.

Semua pemenang nasional dari tiga kategori - Jarak Terpanjang, Waktu Terpanjang dan Aerobatik - akan diundang ke Final Dunia di Austria, dalam Hangar-7 yang ikonik, tempat juara dunia akan dinobatkan.

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved