Pilpres 2019

Blusukan ke Bekasi, Dedi Mulyadi Ajak Warga Pertahankan Tradisi 'Ngagubyag'

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi melakukan blusukan ke Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/04/2019).

Blusukan ke Bekasi, Dedi Mulyadi Ajak Warga Pertahankan Tradisi 'Ngagubyag'
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi melakukan blusukan ke Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/04/2019). 

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi melakukan blusukan ke Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/04/2019).

Saat tiba dilokasi tersebut, Dedi langsung disambut kader maupun simpatisan Partai Golkar, kedatangannya juga disambut ratusan relawan pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia nomor 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Awalnya blusukan itu dilakukan ingin sosialisasi dan bertemu warga. Tetapi saat dilokasi para warga sedang melakukan tradisi 'ngagubyag' empang atau mengeringkan kolam ikan untuk kemudian ikannya diambil.

Dedi mengapresasi langkah yang dilakukan para relawan dalam melakukan sosialisasi atau kampanye politik dengan cara berbeda.

Biasanya kampanye yang dijalankan dengan cara teriak atau orasi di panggung, atau di jalan raya bisa dikemas dengan bentuk kegiatan yang bermanfaat. Terlebih kegiatan ini dalam rangka mempertahankan tradisi.

"Menangkap ikan dengan tangan sendiri itu kan tradisinya orang Jawa Barat, yang selalu datang beramai-ramai. Unsur-unsur politik yang didalamnya jika masukkam unsur kebudayaan itu tidak akan ada ketegangan. Kalau kampanye bawa motor kebut-kebutan pinggir jalan bisa berkelahi, coba ngebuk ini, engga ada yang bertengkar," ungkapnya.

Ia menyebut inilah yang seharusnya dilakukan oleh warga masyarakat dalam menjalankan pesta demokrasi yang penuh kebahagian dan kegembiraan.

"Pemilu itu bukan pertentangan, pertikaian apalagi perpecahan. Ini yang ditanamkan dalam tradisi ini, semua silahkan ikut dalam satu empang. Saya apresiasi dan patut dicontoh, kegiatan ini bisa dicontoh diberbagai wilayah," jelasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi melakukan blusukan ke Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/04/2019). Warga memperlihatkan ikan hasil tangkapan.
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi melakukan blusukan ke Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Sabtu (13/04/2019). Warga memperlihatkan ikan hasil tangkapan. (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Dedi Mulyadi yang juga Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Amin Jawa Barat itu mengungkapkan jika bercerita ke masa silam, sebagai warga Jawa Barat, Dedi sudah terbiasa dengan 'ngagubyag' seperti ini.

Apalagi, Dedi besar di lingkungan kampung yang kental dengan tradisi. Kebiasaan ini juga tidak pernah dia tinggalkan saat menjabat sebagai Bupati Purwakarta.

Dedi Mulyadi selalu menyelipkan acara 'ngagubyag' dalam berbagai kesempatan. Seperti, saat Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Jadi Purwakarta.

"Ini dari saya sejak kecil, tapi tradisi ini sudah jarang karena kurang dilestarikan. Bagus sekali kegiatan ini, karen senang bareng-bareng kan guyub ya," kata Dedi.

Dedi pun berharap, supaya tradisi 'ngagubyag' bisa tetap lestari di wilayah Jawa Barat termasuk Kabupaten Bekasi.

"Ini tradisi yang harus dilestarikan, sebagai mempererat kebersamaan ditengah masyarakat. Apalagi tradisi ini kan bagus ya makan ikan itu banyak gizinya. Apalagi kalau musim kampanye banyak yang adakan kegiatan ini, lumayan kan petani ikan," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved