Berita Video

Video : Survei Terbaru Charta Politika Pasangan Siapa Yang Unggul?

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya merilis hasil survei terbaru sebelum hari tenang. Bagaimana hasilnya.

"Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan selisih 16,9 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat merilis hasil survei di kantornya di Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Yunarto mengatakan, angka elektabilitas kedua pasangan calon naik dari survei sebelumnya pada periode 1-9 Maret 2019. Dalam survei sebulan lalu itu, Jokowi-Ma'ruf mendapat 53,6 persen, Prabowo-Sandi sebesar 35,4 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 11 persen.

Ia menilai naiknya angka elektabilitas kedua paslon karena gelaran pilpres yang semakin dekat. "Semakin banyak masyarakat yang sudah menentukan pilihannya," kata dia.

"Dinamisasi masih mungkin terjadi pada sisa waktu 7 hari setelah survei dilakukan. Akan tetapi, apabila tidak terjadi peristiwa besar sampai dengan tanggal 17, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf akan memenangkan pilpres 2019," kata Yunarto.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Survei menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error plus minus 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Kompas.com/Ihsanuddin)

Videografer : Warta Kota/Adhy Kelana

Penulis: Adhy Kelana
Editor: Alex Suban
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved