Berita Video

Video : Permabudhi Himbau Umat Buddha Jangan Bepergian Saat Libur Pemilu dan Gunakan Hak Pilih

Umat Buddha di Indonesia dihimbau untuk gunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019. Tidak bepergian pada Rabu 17 April 2019 dan gunakan hak pilih.

Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Ir. Arief Harsono, M.M. menghimbau umat Buddha untuk menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin bangsa 5 tahun ke depan.

Hal ini disampaikannya dalam siaran pers yang diterima Warta Kota.

Arief Harsono menyatakan bahwa sebentar lagi negara kita akan mengadakan pesta demokrasi yaitu Pemilu serentak untuk memilih presiden, wakil presiden, serta anggota legislatif.

Oleh karena itu ia menghimbau kepada Umat Buddha Indonesia di mana pun berada untuk menjadikan momentum pemilu ini sebagai pesta demokrasi.

"Umat Buddha mempunyai kesempatan untuk terlibat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertanggung jawab dengan memilih pemimpin yang terbaik.

Pemilihan Umum yang Luber dan Jurdil serta bermartabat berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945" kata Arief Harsono

Umat Buddha mempunyai kesempatan untuk terlibat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang bertanggung jawab dengan memilih pemimpin yang terbaik.

Himbauan itu juga dapat dijabarkan dalam beberapa poin sebagai berikut

  1. Memastikan diri sudah terdaftar secara sah sebagai pemilih.
  2. Tidak bepergian saat Pemilu dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019.
  3. Menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin bangsa 5 tahun ke depan.
  4. Menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan pemimpin demi masa depan bangsa dan negara.
  5. Cermat terhadap berita yang beredar luas di masyarakat dan tidak terprovokasi oleh ujaran kebencian, berita bohong serta turut menjaga situasi yang kondusif.
  6. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  7. Hal tersebut di atas merupakan pengamalan Umat Buddha terhadap Dharma Negara (bakti kepada negara) dengan turut aktif terlibat dalam Pemilihan Umum yang LUBER dan JURDIL serta bermartabat berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

 Ketua Pengawas Permabudhi Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto juga menghimbau marilah momentum pemilu ini kita jadikan sebagai pesta demokrasi dimana kita punya kesempatan gunakan hak kita untuk hadir berbondong-bondong ikut terlibat dalam kehidupan berbangsa yang bertanggung jawab semoga kita bisa memilih pemimpin yang terbaik buat bangsa kita.

Dalam video ini, para pemimpin umat Buddha dari berbagai majelis agama Buddha juga menyampaikan himbauannya.

Permabudhi adalah wadah umat Buddha Indonesia yang beranggotakan berbagai majelis agama tersebut di Indonesia.

Penulis: Alex Suban
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved