Pemilu 2019

Tak Diberikan Akses oleh Polisi Malaysia, KPU Kesulitan Investigasi Surat Suara Tercoblos

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan, pihaknya kesulitan menginvestigasi kasus surat suara tercoblos di Malaysia.

Tak Diberikan Akses oleh Polisi Malaysia, KPU Kesulitan Investigasi Surat Suara Tercoblos
Warta Kota/Muhamad Azzam
Komisioner KPU RI Ilham Saputra takjub dengan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari kardus tetapi kuat menahan beban hingga 107 kilogram. 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan, pihaknya kesulitan menginvestigasi kasus surat suara tercoblos di Malaysia.

Ia mengaku pihaknya tak mendapatkan akses untuk melakukan pengecekan surat suara yang disebut telah dicoblos itu.

"Dari mana sebenernya surat suara itu? Kami tidak dapat akses. Padahal kalau kami dapat akses, kami bisa memastikan untuk mendapatkan," kata Ilham di Hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Rizieq Shihab Bakal Ditampilkan dalam Kampanye Terbuka Prabowo-Sandi di Stadion GBK

"Kami punya alat untuk bisa memastikan surat suara itu benar diproduksi oleh KPU atau bukan. Tapi kami tidak mendapatkan akses," sambungnya.

Pihak Polis Diraja Malaysia (PDRM) tak memberi akses, lanjut Ilham, dengan alasan masih dalam tahap penyelidikan mereka.

Meski KPU RI yang meminta, PDRM tetap tidak mengizinkan mereka melalukan pengecekan, karena masih dalam tahap penyelidikan.

Ini Pengalihan Arus Lalu Lintas dan Lokasi Kantong Parkir Saat Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di SUGBK

"Sehingga kami juga sudah melakukan wawancara kepada para penyelenggara pemilu di sana, dan prinsipnya kami nanti masih akan putuskan. Kami akan bersinergi dengan Bawaslu, dan kami akan pleno internal dulu di KPU," jelasnya.

KPU juga sudah mencoba bertemu Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana, guna mendapat akses menyentuh surat suara. Tapi, hal tersebut tetap membuat mereka tidak bisa mengakses.

"Pak Dubes kami mintai tolong untuk kemudian negosiasi dengan polisi Malaysia supaya bisa akses surat suara itu. Sedang diupayakan, tapi sampai tadi kami pulang, itu belum dapat aksesnya," paparnya.

Prabowo: 17 April Tolong Jaga TPS, Jangan Sampai Ada Hantu dan Tuyul Ikut Nyoblos

Sebagai salah satu komisioner yang ikut terbang ke Negeri Jiran, Ilham mengaku guna menentukan sikap, mereka harus menggelar rapat pleno terlebih dahulu.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved