Perhotelan

Tingkatkan Okupansi Hotel, PHRI DKI Jakarta Gelar Seminar Strategi Marketing

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta menggelar seminar ‘Strategic Hospitality Marketing’ di Oria Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta.,

Tingkatkan Okupansi Hotel, PHRI DKI Jakarta Gelar Seminar Strategi Marketing
Istimewa
Pramita Sari, Corporate Marketing Communication Director Parador Hotels & Resorts sekaligus Ketua Himpunan Humas Hotel (berdiri), sedang memaparkan strategi dan kiat pemasaran hotel dalam acara seminar ‘Strategic Hospitality Marketing’ di Oria Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (10 /4/2019). 

“Kita melihat tahun 2019 ini tantangannya beda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain karena menjelang pemilu, penanggalan kalender tahun ini juga banyak tanggal merah. Saat ada tanggal merah itu, tingkat okupansi hotel di Jakarta biasanya menurun." 

PERHIMPUNAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta menggelar seminar Strategic Hospitality Marketing di Oria Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (10 /4/2019).

'Seminar ini diikuti oleh lebih dari 100 orang perwakilan hotel-hotel anggota PHRI di Jakarta dan sekitarnya.

Wakil Sekretaris  PHRI DKI Jakarta Lisa P Sanjoyo mengatakan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota PHRI  mengenai marketing sehingga bisa meningkatkan okupansi hotel.

“Kita ingin memberikan pengetahuan tentang bagaimana memasarkan produk yang kita miliki, baik itu dari segi loyalty, brand, marcom, maupun distribution," kata Lisa kepada Wartakotalive.com di Hotel Oria, Rabu (10/4/2019).

"Hal-hal ini sebenarnya mendasar, tetapi sering kita lupa atau tidak melakukan di dalam menjalani bisnis hotel,” imbuhnya.

Sebanyak 65 Persen Perusahaan di Indonesia Masih Tradisional, Saatnya Menuju Transformasi Digital

Luncurkan Evolusi Solusi Keamanan Apex One™,  Trend Micro Incar Segmen Enterprise

Hari Ini Pre-Order Huawei P30 dan P30 Pro di Indonesia Dimulai, Harga Lebih Murah Dibanding di Eropa

Untuk memperkaya pengetahuan peserta tentang pemasaran ini, PHRI DKI Jakarta mengundang para pembicara yang cukup mumpuni di bidangnya seperti  Jubi Prasetyo, VP Loyalty & Anclarry Garuda Indonesia dan Tina Sihombing, Corporate Sales Marketing Directorr Parador Hotels & Resorts.

Lalu Verdyka Kurniawan, Senior Business Development Consultant Google Customer Solutions; Handono S. Putro, Managing  Director Dafam Group; dan Pramita Sari Corporate Marketing Communication Director Parador Hotels & Resorts sekaligus Ketua Himpunan Humas Hotel (H3).

Pramita Sari, Corporate Marketing Communication Director Parador Hotels & Resorts sekaligus Ketua Himpunan Humas Hotel (berdiri), sedang memaparkan strategi dan kiat pemasaran hotel dalam acara seminar ‘Strategic Hospitality Marketing’ di Oria Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (10 /4/2019).
Pramita Sari, Corporate Marketing Communication Director Parador Hotels & Resorts sekaligus Ketua Himpunan Humas Hotel (berdiri), sedang memaparkan strategi dan kiat pemasaran hotel dalam acara seminar ‘Strategic Hospitality Marketing’ di Oria Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (10 /4/2019). (Istimewa)

Dari para pembicara ini, lanjut Lisa, para peserta belajar tentang praktek terbaik (best practice) apa yang bisa diimplementasikan di hotel masing-masing.

“Ada banyak pengetahuan yang didapatkan dari seminar ini. Terlebih terkait dengan hal-hal mendasar dalam marketing," tutur Lisa.

"Tadi Google sempat sharing juga terkait behavior para customer hotel.  Sebelum mereka memutuskan menginap di suatu hotel, biasanya informasi apa saja yang mereka cari. Nah, ini yang akan menjadi data kita saat menentukan strategi marketing,” tambahnya.

Ini Galaxy A20e, Versi Murah Samsung Galaxy A20, Sama-sama Punya Kamera Ultra Wide, Ini Perbedaannya

Bidik yang Suka Selfie, Ini Redmi Y3 dengan Kamera Swafoto 32 MP, Berikut Bocoran Spesifikasinya

Tantangan bisnis hotel

Seminar ini digelar dengan mempertimbangkan semakin beratnya tantangan bagi bisnis perhotelan di Jakarta. Selain persaingan yang makin ketat, tingkat hunian yang menurun cukup drastis saat akhir pekan dan hari-hari libur berpengaruh terhadap tingkat okupansi hotel di Jakarta.

“Kita melihat tahun 2019 ini tantangannya beda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain karena menjelang pemilu, penanggalan kalender tahun ini juga banyak tanggal merah," tutur Lisa.

"Saat ada tanggal merah, tingkat okupansi hotel di Jakarta biasanya menurun. Nah,  sebagai asosiasi asosiasi yang mengayomi para anggotanya, PHRI Jakarta ingin mencari strategi untuk mengatasi persoalan itu. Inilah yang kami ingin sharing dalam seminar ini,” paparnya lagi.

Maka, pihaknya berharap seminar tersebut bisa meningkatkan pengetahuan para anggota agar bisa diimplementasikan di hotel masing-masing untuk meningkatkan okupansi hotel.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved