Mitra Gojek Sumbang Rp 44 triliun untuk Perekonomian Indonesia

“Angka tersebut baru menghitung dari empat layanan Gojek, yaitu Go Ride, Go Food, Go Clean dan Go Massage. Belum termasuk layanan Go Send, Go Shop,

Mitra Gojek Sumbang Rp 44 triliun untuk Perekonomian Indonesia
Gojek
Gojek 

Mitra Gojek dinilai memberikan kontribusi yang sangat besar untuk perekonomian Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai Rp 44, 2 triliun sekaligus menepis ketakutan teknologi bakal mengganti orang.

Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2018 menyatakan kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Indonesia mencapai Rp 44,2 triliun atau naik hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

VIDEO: Reuni Legenda Persija Jakarta Melawan Selebritis FC

“Angka tersebut baru menghitung dari empat layanan Gojek, yaitu Go Ride, Go Food, Go Clean dan Go Massage. Belum termasuk layanan Go Send, Go Shop, Go Pay dan lainnya,” kata Founder dan Global CEO Gojek Nadiem Makarim, Kamis (11/4).

Nadiem menambahkan jika layanan lain dalam ekosistem Gojek digabungkan, hasilnya dipastikan akan jauh lebih besar. Kondisi itu sekaligus menampik rasa khawatir akan kemajuan teknologi bakal menggantikan manusia.

“Saat ini di negara-negara lain ada ketakutan teknologi menggantikan orang, di Indonesia justru berbeda. Teknologi merangkul jutaan masyarakat supaya bisa punya akses untuk pendapatan yang lebih baik,” katanya.

VIDEO: Kisruh Nikah Sirinya dengan Nana Alias Eko Berakhir Damai, Bella Luna Mengaku Sudah Tenang

Menurut Nadiem, dengan jumlah mitra driver yang mencapai 1,7 juta orang dengan 300 merchant, ia mengklaim Gojek sebagai aplikasi dengan pengguna aktif terbesar di Indonesia sepanjang tahun 2018.

“Keberhasilan ini berbanding lurus dengan pertumbuhan gross transaction value (GTV) Gojek yang naik 13,5 kali lipat dari 2016 ke 2018,” katanya.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintahan Joko Widodo sangat mendukung perkembangan start up seperti Gojek karena menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Video : Para Aktivis Peringati Dua Tahun Penyiraman Air Keras Kepada Novel Baswedan

“Ini jadi kemajuan bagus sekali. Orang bilang lapangan kerja karena teknologi jadi susah, nggak juga. Gojek ciptakan lapangan kerja dan ada ratusan ribu lapangan kerja yang diciptakan,” ungkapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved