Transportasi

KRL Relasi Bekasi Bakal Terlambat di Hari Pertama Pengoperasian Double-double Trek Jatinegara-Cakung

Pembukaan jalur double-double trek Jatinegara-Cakung mengakibatkan keterlambatan layanan Commuter Line antara dua hingga enam menit dari headway

KRL Relasi Bekasi Bakal Terlambat di Hari Pertama Pengoperasian Double-double Trek Jatinegara-Cakung
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Stasiun Jatinegara. 

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM -- Pemindahan jalur awal ke jalur dwi ganda atau double-double trek di sepanjang jalur kereta Jatinegara-Cakung yang dilakukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada Kamis (11/4/2019) tengah malam diperkirakan bakal berdampak pada keterlambatan KRL Relasi Bekasi pada hari pertama pengoperasian.

Dampak tersebut disampaikan Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Danu dalam paparan Pengembangan Double-double Trek antara Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Cikarang.

Dalam paparan, disebutkan dampak awal yang terjadi pada hari pertama atau Jumat (12/4/2019), pembukaan jalur double-double trek Jatinegara-Cakung mengakibatkan keterlambatan layanan Commuter Line antara dua hingga enam menit dari headway yang ditentukan.

Keterlambatan dijelaskan terjadi pada Commuter Line yang berasal dari Bekasi atau Cikarang menuju Jatinegara.

Hal tersebut disebabkan adanya penyesuaian operasi dalam pengaturan jalur double-double trek Jatinegara-Cakung.

Akan tetapi, pengaruh positif atas penggunaan jalur double-double trek Jatinegara-Cakung dapat menghilangkan singgungan antara Kereta Api (KA) Jarak jauh dengan Commuter Line di sepanjang lintasan antara Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Cakung.

"Tujuan dari jalur double-double trek ini untuk memisahkan jalur KA jarak jauh dengan Commuter Line, sehingga tidak ada susulan (singgungan) di sepanjang jalur Manggarai-Cikarang," jelasnya dihubungi pada Kamis (11/4/2019).

Oleh karena itu, penyesuaian katanya akan dilakukan pada layanan Commuter Line pada tahap pemisahan jalur double-double trek Jatinegara-Cakung.

Begitu juga jalur pada segmen jalur double-double trek lainnya yang kini masih dalam proses pembangunan.

Terkait hal tersebut, Vice President of Corporate Communication PT Kereta Commuter Line Indonesia (KCI), Anne Erni Sylviane menyebutkan proyek tersebut tidak akan mengganggu operasional Commuter Line. Sebab, penutupan lintasan terkait pindahan jalur akan dilakukan tepat pada pukul 24.00 WIB.

"Kita akan evaluasi dulu bagaimana dengan kecepatan ataupun dengan slot yang ada, kalau misalnya memungkinkan untuk menambah, pasti menambah. Tapi sampai saat ini kami masih mamakai Gapeka (Grafik Perjalanan Kereta Api) yang sebelumnya," jelasnya dalam diskusi sosialisasi layanan, regulasi dan pengelolaan KRL Jabodetabek di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (10/4/2019) petang.

Hanya saja, pemindahan jalur tersebut akan berdampak pembatalan kereta KRL pemberangkatan terakhir relasi Bekasi yang dijadwalkan pada pukul 00.20 WIB.

Terkait hal tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi pembatalan kereta tersebut lewat sosial media dan informasi di Stasiun, baik Stasiun Jatinegara maupun Stasiun Bekasi.

Seperti diketahui sebelumnya, peralihan Jalur Double-double Trek Jatinegara-Cakung akan dilakukan pada Kamis (11/4/2019) tepat pada pukul 24.00 WIB.

Penutupan perlintasan sebidang nomor JPL-52 di Stasiun Pisangan atau Pasar Enjo dan JPL-66 di Stasiun Cakung akan menghentikan seluruh layanan KA Jarak Jauh maupun Commuter. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved