Transportasi

Ingat, Pemindahan Jalur Double-double Track Jatinegara-Cakung Dimulai Malam Nanti

Ppemindahan jalur awal ke jalur dwi ganda atau double-double trek di sepanjang jalur kereta Jatinegara-Cakung akan dilakukan pada Kamis (11/4/2019) te

Ingat, Pemindahan Jalur Double-double Track Jatinegara-Cakung Dimulai Malam Nanti
Tribunnews/Jeprima
Pekerja menyelesaikan pembangunan Stasiun Buaran, Jakarta Timur, Senin (22/10/2018). Stasiun Buaran yang akan rampung pada tahun 2018 tersebut merupakan satu dari lima stasiun baru untuk mendukung pengoperasian jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track (DDT). 

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bakal melakukan pemindahan jalur awal ke jalur dwi ganda atau double-double trek di sepanjang jalur kereta Jatinegara-Cakung akan dilakukan pada Kamis (11/4/2019) tengah malam.

Terkait hal tersebut, Senior Manager Corporate Communication Daop 1 PT Kereta Api Indonesia (KAI), Eva Chairunissa mengungkapkan, pihaknya maupun PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menghimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan.

"Terkait pemindahan jalur ini akan berdampak pembatalan KRL terakhir relasi Bekasi pada pukul 00.20 WIB. Bagi masyarakat yang menggunakan layanan commuter line diharapkan dapat menggunakan transportasi lain untuk sementara," ungkap Eva dihubungi pada Rabu (10/4/2019).

Imbauan tersebut pun telah disampaikan pihak KCI lewat sosial media maupun informasi di Stasiun, baik Stasiun Jatinegara maupun Stasiun Bekasi. Harapannya agar para pengguna Commuter Line dapat merencanakan perjalanannya.

Dihubungi terpisah, Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Danu menyebutkan terdapat dua lajur Kereta Api (KA) double track yang beroperasi antara Manggarai-Bekasi saat ini.

Guna meningkatkan kapasitas penumpang sekaligus layanan Kereta Api (KA) perkotaan pada Bekasi atau Cikarang Line, pemerintah saat ini tengah membangun dua lajur KA baru double track antara Stasiun Manggarai-Stasiun Bekasi.

Lewat penambahan jalur tersebut disampaikan akan ada empat lajur KA Stasiun Manggarai-Stasiun Bekasi. Jalur tersebut akan memisahkan antara KA jarak jauh dengan kereta komuter (KRL) di sepanjang lintasan Stasiun Manggarai-Stasiun Bekasi.

"Untuk tahap awal ini pada tanggal 11 April dini hari akan dimulai proses penyambungan jalur, sehingga pada tanggal 12 April pagi sudah dapat dioperasikan empat lajur antara Jatinegara-Cakung sepanjang sembilan kilometer," ungkap Danu dihubungi pada Kamis (11/4/2019).

Lebih lanjut dipaparkannya, menyusul rampungnya jalur dwi ganda atau double-double trek di sepanjang jalur kereta Jatinegara-Cakung, pihaknya tengah melakukan pembangunan di segmen jalur double-double trek lainnya hingga Stasiun Cikarang.

Sehingga diharapkan seluruh stasiun dalam kota meliputi Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tanah Abang yang bermuara menuju Stasiun Manggarai hingga Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang telah dilengkapi jalur double-double trek.

"Segmen lainnya masih dalam proses pembangunan dan akan secara bertahap dioperasikan juga," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, peralihan Jalur Double-double Trek Jatinegara-Cakung akan dilakukan pada Kamis (11/4/2019) tepat pada pukul 24.00 WIB.

Penutupan perlintasan sebidang nomor JPL-52 di Stasiun Pisangan atau Pasar Enjo dan JPL-66 di Stasiun Cakung akan menghentikan seluruh layanan KA Jarak Jauh maupun Commuter. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved