Taksi Online

Begini Tips Ambil Penumpang Taksi Online saat Malam Hari

Oleh karena itu perlu untuk lebih berhati-hati bagi para sopir taksi online dalam memilih penumpang demi mencegah sekaligus menghindari aksi kriminali

Begini Tips Ambil Penumpang Taksi Online saat Malam Hari
Warta Kota
Ilustrasi taksi onlline 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Tindak kejahatan yang mengincar taksi online kian marak, tak jarang pelaku nekat melukai korbannya demi melancarkan aksinya merampas kendaraan.

Oleh karena itu perlu untuk lebih berhati-hati bagi para sopir taksi online dalam memilih penumpang demi mencegah sekaligus menghindari aksi kriminalitas.

Rendy (25), sopir taksi online mengaku memiliki beberapa tips untuk memilah penumpang, khususnya saat "narik" di malam hari berdasarkan pengalamannya selama satu tahun.

Pertama, sopir taksi online harus mengetahui tempat penjemputan penumpangnya, apakah tempat tersebut merupakan tempat yang terkenal ramai di malam hari atau tidak.

"Saya caranya pasti milih-milih tempat nyari penumpang, kalau malam hari beraninya ambil dari tempat hiburan karena penumpangnya jelas mau pulang," kata Rendy saat ditemui Warta Kota di daerah Pondok Aren, Tangerang Selatan, Kamis (11/4/2019).

Sedangkan jika tempat itu asing, kata Rendy, lebih baik diabaikan. "Mending matiin aplikasi, cari lagi di tempat yang ramai orang pulang malem," sambungnya.

Selanjutnya, sebagai bentuk antisipasi kejahatan, sebaiknya sopir taksi online menolak penumpang dengan jarak yang jauh dari tempat penjemputan sampai ke tempat tujuan.

"Sama orderan jarak jauh mending ditolak aja, kecuali arahnya ke rumah sama bandara," ujar Rendy.

Rating penumpang pun dianggap penting untuk memutuskan mengambil atau menolak pesanan penjemputan.

"Terakhir pilih-pilih penumpang, bisa dilihat dari rating diaplikasi, biasanya kalau ada ratingnya aman," jelasnya.

Untuk berjaga-jaga, Rendy juga memiliki trik khusus saat menjemput penumpang dengan cara tidak segera membuka kunci pintu mobil ketika penumpang akan naik.

"Sama ini, kalau mau ambil penumpang jangan langsung buka kunci mobil sebelum liat gerak-gerik penumpangnya, mencurigakan apa ngga," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved