Otomotif

Bridgestone Masih Ogah Jualan Ban Motor, Ini Alasannya

SELAMA ini PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) hanya fokus menjual ban untuk kendaraan roda empat atau lebih saja.

Bridgestone Masih Ogah Jualan Ban Motor, Ini Alasannya
Kompas.com/Alsadad Rudi
Berbagai tipe ban merek Bridgestone. 

Selama ini, Bridgestone hanya memasok merek Battlax sebagai original manufacturer equipment/OEM) ban untuk pabrikan motor tertentu.

SELAMA ini PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) hanya fokus menjual ban mobil atau untuk kendaraan roda empat atau lebih saja.

Pasar otomotif, khususnya mobil yang mencapai 1 jutaan unit per tahun itu dianggap sudah menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

Padahal jika dibandingkan dengan penjualan sepeda motor, secara jumlah lebih menggiurkan.

Sebab, dalam satu tahun penjualan motor baru di Indonesia mencapai 6 jutaan unit, tentunya penjualan ban motor pun akan jauh lebih banyak.

Bridgestone Gandeng Markus-Kevin dan Eko Yuli Irawan dalam Olimpiade Tokyo 2020

Michelin Siapkan Ban Khusus untuk Sirkuit Ricardo Tomo

Meski begitu, perusahaan ban asal Jepang itu masih belum tertarik atau serius menggeluti pasar ban untuk motor di Tanah Air.

Selama ini mereka hanya memasok merek Battlax sebagai original manufacturer equipment/OEM) ban untuk pabrikan tertentu.

Dikonfirmasi soal ini, Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia Yuichi Asaoka ketika ditemui di Jakarta belum lama ini mengatakan, "Jadi status kami di sini memang hanya pengimpor saja, untuk memasok kepada Harley-Davidson dan BMW Motorrad."

Ditemui di tempat sama, seperti dikutip Wartakotalive.com dari Kompas.com, President Director BTI Akihito Ishii menjelaskan, secara pasar sepeda motor cukup besar jika dibandingkan mobil, tetapi pemain atau merek yang menjual ban motor pun cukup banyak.

"Jadi, persaingan di segmen itu juga cukup keras. Kalau kami masuk pun kurang bisa bersaing," paparnya. (Aditya Maulana)

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved