Beredar Kabar Kota Bekasi Mau Bikin 10 Sekolah Baru Berdampak Pengelola Sekolah Swasta Resah

Informasi seputar rencana pembukaan 10 unit SMPN diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Beredar Kabar Kota Bekasi Mau Bikin 10 Sekolah Baru Berdampak Pengelola Sekolah Swasta Resah
Warta Kota/Alex Suban
Sulitnya mendapatkan fasilitas sekolah negeri yang memadai juga dialami banyak warga di Bekasi. 

Perkumpulan sekolah swasta di Kota Bekasi resah dengan rencana Pemerintah Kota Bekasi yang akan membuka 10 unit Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) baru ajaran 2019/2020 di wilayah setempat.

Mereka khawatir jumlah pelajar angkatan pertama akan menurun karena mereka lebih memilih sekolah negeri yang dibuat pemerintah daerah.

Sekretaris Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi, Ayung Sardi Dauly mengatakan, informasi seputar rencana pembukaan 10 unit SMPN diperoleh dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Sejak beberapa pekan ini, dinas teknis telah menyosialisasikan rencana itu ke sejumlah kelurahan, kecamatan hingga instansi yang ada di Kota Bekasi.

"Dalam sosialisasi, disampaikan bahwa unit SMPN baru akan bertempat di gedung bekas SDN yang dimerger," kata Ayung pada Rabu (10/4/2019).

Menurut dia, pada tahun ajaran ini ada 49 SMPN di Kota Bekasi dengan jumlah pelajar mencapai 15.853 orang. Jumlahnya memang tidak jauh berbeda dengan SMP swasta di wilayah setempat sebanyak 15.833 namun jumlah SMP swasta di sana ada 227 unit.

"Dari data itu saja sudah terlihat ketimpangannya, apalagi kalau jadi ada tambahan 10 SMPN baru, bisa kian jomplang," ujar Ayung.

Ayung mengusulkan, agar rencana Pemerintah Kota Bekasi urung direalisasikan. Kalaupun tetap ingin melanjutkannya, akan lebih baik sekolah swasta ikut dilibatkan.

"Ruang kelas di SMP swasta banyak, masih cukup menampung siswa. Nanti Pemkot Bekasi tinggal menyiapkan biaya operasionalnya saja," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzi mengatakan rencana pembangunan 10 unit SMPN masih tahap kajian lembaganya. Sementara keputusan akhir berada di tangan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi selaku kepala daerah di Kota Bekasi.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved