Kemacetan Kronis Tol Cikampek Berdampak Signifikan pada Pedapatan Industri di Jawa Barat

Forum Investor Bekasi menyebut kemacetan yang terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek akibat banyaknya pembangunan berdampak pada pendapatan industri.

Kemacetan Kronis Tol Cikampek Berdampak Signifikan pada Pedapatan Industri di Jawa Barat
Antara
Kemacetan di jalan tol makin menyengsarakan masyarakat. 

Forum Investor Bekasi menyebut kemacetan yang terjadi di ruas tol Cikampek akibat banyaknya pembangunan berdampak pada pendapatan industri di wilayah Jawa Barat.

Tidak hanya rugi dari sisi finansial, mereka juga rugi terhadap waktu yang terbuang sia-sia karena kemacetan.

Ketau FIB Deddy Harsono mengungkapkan, biasanya perjalanan pengiriman barang dari Jakarta menuju Purwakarta hanya menempuh waktu perjalanan selama 2-3 jam.

Namun dengan kondisi saat ini, perjalanan truk peti kemas kerap molor hingga menelan waktu selama 5 jam di tol.

"Biaya perjalanan tentu menjadi naik karena molornya waktu tempuh perjalanan. Contohnya kebutuhan solar untuk truk pasti lebih banyak," kata Deddy pada Selasa (9/4/2019).

Menurut dia, persoalan ini sudah terjadi sejak dua tahun lalu. Kemacetan yang disebabkan adanya tiga proyek skala nasional di tol, membuat tol Jakarta-Cikampek dilanda kemacetan dari pagi hingga malam hari.

Adapun tiga proyek itu adalah kereta api ringan (Light Rail Transit) di sisi utara tol, Jakarta-Cikampek elevated di median tol dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di sisi selatan tol.

"Termasuk pada Selasa (9/4) hari ini yang terjadi di Cikunir, kemacetannya cukup merugikan pihak perusahaan," ujarnya yang belum menaksir kerugian para pengusaha.

Meski demikian, para pengusaha tetap mendukung sepenuhnya proyek nasional yang dibuat pemerintah. Hanya saja, berbagai cara untuk melakukan upaya penghematan terus dilakukan setiap hari.

Contohnya perusahaan melakukan pengiriman barang ke sejumlah kendaraan lebih awal dari jadwal, kemudian menambah armada, dan memastikan waktu para pengemudi.

"Cara ini yang dianggap mudah untuk mengimbangi persoalan kemacetan di sistem transportasi darat," ujarnya.

Seperti diberitakan kemacetan di dua arah lintasan Tol Jakarta-Cikampek macet total pada Selasa (9/4) pagi. Penyebabnya, dua kendaraan besar mengalami gangguan tepatnya 500 meter setelah Gerbang Tol (GT) Cikunir II, Bekasi Selatan, Kota Bekasi menuju Rorotan, Jakarta Utara.

Kendaraan yang mengalami gangguan di antaranya, truk kontainer bermuatan peti kemas mengalami patah sasis di bagian depan. Sementara, di sampingnya truk bermuatan sepeda motor juga mengalami amblas roda kanan belakang.

"Gangguan di dua kendaraan itu yang menyebabkan kepadatan ruas tol arah Rorotan dan akhirnya arah tersebut tertutup total," kata Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti berdasarkan rilis yang diterima pada Selasa (9/4).

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved