Berita Jakarta

Anies: Jakarta Perlu Peta Masalah Kesehatan untuk Penanganan Penyakit

Dinas Kesehatan dapat mengetahui secara detail permasalahan yang ada di masyarakat sebelum memberikan solusi

Anies: Jakarta Perlu Peta Masalah Kesehatan untuk Penanganan Penyakit
Wartakotalive/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membuka Rakerkesda di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019). 

Saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) di JS Luwansa Hotel Jakarta Selatan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sangat penting Jakarta memiliki peta kesehatan.

Menurutnya, hal tersebut dibuat agar Pemprov DKI melalui Dinas Kesehatan dapat mengetahui secara detail permasalahan yang ada di masyarakat sebelum memberikan solusi.

"Sebetulnya ini sudah dilaksanakan tahap awal dengan Jakarta Satu, dengan mengintegrasikan data kesehatan di Jakarta, sehingga kita punya peta masalah kesehatan yang lengkap dari mulai sanitasi lingkungan sampai penanganan penyakit," ujar Anies di lokasi, Selasa (9/4/2018).

Tahun Ini Pemprov DKI Bakal Tata Trotoar di Jaksel dan Jakpus dengan Anggaran Rp 175 Miliar

Gubernur Anies Nyatakan Ibu Kota Siap Hadapi Pilpres 2019 dengan Damai dan Lancar

Saat ini Anies mengaku Pemprov DKI sedang menggerakkan PKK, ketua RT, maupun ketua RW untuk pengumpulan data di lapangan.

Ia mengatakan dari pengumpulan data yang sedang berjalan, ditemui ada RW yang tidak memiliki sanitasi Mandi Cuci Kakus (MCK).

"Itu akan memberikan kita potret lengkap data. Sementara, kita ketemu RT, RW yang MCK kurang, inikan (kebutuhan) mendasar, kebutuhan sanitasi mendasar, jadi kita tahu," kata Anies.

Dengan adanya peta kesehatan ini, Pemprov akan mencarikan solusi yang tepat, dibanding harus mengambil keputusan tanpa mengetahui kondisi di lapangan.

"Maka saya berharap, beranilah merumuskan masalah yang senyatanya. Bukan hanya dari kacamata kita sebagai penyedia, pemberi jasa. Tapi dari kacamata dan perspektif warga," ungkap Anies. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved