Bekas Kapten Timnas Futsal Indonesia Ini Menganggap Futsal Negeri Ini Semakin Maju dan Populer

Bekas kapten Timnas Futsal Indonesia ini menganggap perkembangan futsal negeri ini sudah semakin maju dan populer.

Bekas Kapten Timnas Futsal Indonesia Ini Menganggap Futsal Negeri Ini Semakin Maju dan Populer
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Iqbal Iskandar, pemain futsal langganan Timnas Futsal Indonesia, ketika menemani anak-anak usia sekolah dasar bertanding di 'Kejuaraan Futsal Junior Bogor 2019' di Munjul Futsal, Kayumanis, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2019). 

Perkembangan olahraga futsal Indonesia dianggap Iqbal Iskandar semakin berkembang pesat. Berjalannya Profesional Futsal League (PFL) atau Liga Futsal Indonesia yang dikelola baik adalah salah satu penanda majunya futsal Tanah Air.

"Perkembangan futsal di Indonesia sekarang sangat bagus dan semakin maju," kata Iqbal Iskandar ketika berbincang bersama Warta Kota disela mendampingi anak-anak usia sekolah dasar bermain futsal di Munjul Futsal, Jalan Sholeh Iskandar, Kayumanis, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2019).

Tidak hanya berjalannya Liga Futsal Profesional --yang menjadi kompetisi kasta tertinggi futsal negeri ini-- konsistensi penyelenggaraan Liga Nusantara (Linus) --satu level dibawah Liga Futsal Profesional --juga diakui Iqbal Iskandar berjalan baik sepanjang tahun.

Iqbal Iskandar ketika bermain membela Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF 2018 di GOR UNY, Sleman, DI Yogyakarta, medio November 2018.
Iqbal Iskandar ketika bermain membela Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF 2018 di GOR UNY, Sleman, DI Yogyakarta, medio November 2018. (Instagram @iqbaliskandar9)

Semakin banyaknya pemain hingga pelatih asing yang berlaga di liga, sebut Iqbal Iskandar, juga menandai kompetisi futsal Indonesia yang semakin baik.

"Sistem kompetisi liga futsal juga semakin bagus, meski harus ada pembenahan disana-sini, terutama wasit," kata kapten Tim Nasional Futsal Indonesia di Piala AFF 2018 medio November 2018.

Sejumlah klub futsal juga dinilainya mampu mengelola keuangan secara profesional. Klub Bintang Timur Surabaya (BTS) yang saat ini diperkuat Iqbal Iskandar bahkan memiliki stadion futsal sendiri.

Cidera Saat Melawan Malaysia di Piala AFF 2018, Iqbal Iskandar Kini Fokus Proses Pemulihan

Begitu pula Blacksteel Manokwari yang pernah diperkuatnya hingga menjadi kampiun PFL 2016, juga perlahan menjadi klub profesional sejak menjadi juara Liga Nusantara 2015, dan beberapa klub futsal lainnya.

"Pemilik dan pengelola klub futsal banyak yang profesional. Memang harus punya passion jika ingin mengembangkan futsal di Tanah Air," jelas pemilik dua kali gelar 'Pemain Terbaik' di PFL 2016 bersama Blacksteel Manokwari dan PFL 2017 bersama Vamos Mataram itu. 

"Banyak pertandingan futsal yang sudah disiarkan televisi sehingga semakin mempopulerkan futsal di Indonesia hingga pelosok Nusantara. Itu sudah bagus buat perkembangan futsal Indonesia," katanya.

Iqbal Iskandar ketika bermain membela Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF 2018 di GOR UNY, Sleman, DI Yogyakarta, medio November 2018.
Iqbal Iskandar ketika bermain membela Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF 2018 di GOR UNY, Sleman, DI Yogyakarta, medio November 2018. (Instagram @iqbaliskandar9)

Terkait kompetisi di liga yang masih memakai sistem setengah kompetisi dengan dua grup, pemain futsal langganan Timnas Indonesia ini menyebutkan, sistem ini yang masih dianggap pas di Indonesia.

"Di Thailand itu sudah memakai satu klasemen dan kompetisinya berjalan panjang. Tapi disini masih dibagi dua grup. Kalau di Indonesia mau dibuat sistem klasemen, home dan away, balik lagi ke klub futsal masing-masing, sanggup nggak menjalaninya," ujar Iqbal Iskandar.

Sejauh ini Federasi Futsal Indonesia, sebut peraih tiga gelar juara Liga Futsal Indonesia (sekali bersama Blacksteel Manokwari dan dua kali bersama Vamos Mataram) itu, sudah memberikan yang terbaik untuk kemajuan futsal negeri ini.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved