Pentas Seni

Festival Seni Sepanjang Jalan Digelar Sore Ini di Depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan

"Sebagai uji coba, FSSJ Jakarta Selatan akan unjuk gelaran pertama pada Jumat, 5 April 2019 Pukul 16.00 WIB sampai selesai."

Festival Seni Sepanjang Jalan Digelar Sore Ini di Depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan
KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Ilustrasi Kelompok gambang kromong Setya Muda tampil menyemarakkan acara pelantikan Wali kota Jakarta Selatan di kampung budaya Betawi di Setu Babakan. Gambang kromong merupakan kesenian khas Betawi yang memadukan unsur gamelan tradisional dan alat musik Tionghoa. Kesenian ini banyak ditampilkan sebagai hiburan di acara-acara warga Betawi. 

Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar acara 'Festival Seni Sepanjang Jalan' (FSSJ) Jakarta Selatan.

Festival seni tersebut akan digelar  Jumat (5/4/2019) pukul 16.00 WIB, di Jalan Prapanca Raya No 9,  Jakarta Selatan, tepatnya di depan Kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

"Sebagai uji coba, FSSJ Jakarta Selatan akan unjuk gelaran pertama pada Jumat, 5 April 2019 Pukul 16.00 WIB sampai selesai," ujar Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron Yunus, Kamis (4/4/2019).

Salah satu acara yang akan ditampilkan FSSJ yakni Gambang Kromong Silibet.

Imron Yunus menjelaskan, FSSJ Jakarta Selatan merupakan rangkaian pertunjukan seni budaya Kota Jakarta Selatan, yang menjadi bagian dari kegiatan Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun.

Genjot Kunjungan Wisatawan, Jakarta Gelar Festival Seni Budaya Sepanjang Tahun

"Pogram ini merupakan amanah dari Pergub 18/2019, yang diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap perlindungan, pengembangan, pemanfaatan," katanya.

"Serta pembinaan seni budaya di Jakarta Selatan pada khususnya dan DKI Jakarta pada umumnya,"  ucap Imron Yunus lagi.

Menurut dia, FSSJ digelar sebagai upaya pemanfaatan sarana ruang terbuka publik serta tempat transit dan bertemunya karyawan/karyawati, pengusaha dan masyarakat umum lainnya (Ruang ketiga).

Ruang publik itu, kata Imron Yunus, menjadi tempat  sosialisasi, konsultasi, partisipasi, kolaborasi, bahkan alkulturasi seni budaya di Jakarta Selatan.

Harapannya, FSSJ  berujung pada meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap seni budaya.

"Istilah kate nyak babe, seni hanya akan berkembang pada lingkungan yang masyarakatnya juga cinta pada seni'," ucapnya.

Beri Ruang Seniman Berkreasi, Pemprov DKI Jakarta Perbanyak Festival Seni dan Budaya

Selain itu, pemanfaatan ruang terbuka publik bagi seniman untuk melakukan pertunjukan menjadi ruang para seniman  berekspresi, berkreasi, dan berinovasi.

FSSJ juga menjadi sarana untuk peningkatan kualitas dan kuantitas berkesenian serta peningkatan apresiasi seni masyarakat.

"Dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap seni maka seni dengan berbagai jenisnya akan dicari oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan 3T ( Tuntunan, Tatanan dan Tontonan )," katanya.

"Kalau sudah menjadi 3T maka Jakarta akan menjadi 'Kota yang Maju dan Bahagia Warganya'," ucap Imron Yunus lagi.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved