Mayoritas Masyarakat Tak Paham Metode Penyimpanan Dokumen dengan Benar, Simak Cara Simpan yang Benar

Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang dicanangkan sejak beberapa tahun lalu belum begitu membumi di kalangan masyarakat luas.

Mayoritas Masyarakat Tak Paham Metode Penyimpanan Dokumen dengan Benar, Simak Cara Simpan yang Benar
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
Kepala Seksi Kearsipan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan Yusdar. 

Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) yang dicanangkan sejak beberapa tahun lalu belum begitu membumi di kalangan masyarakat luas.

Masih banyak masyarakat yang menyimpan arsip atau dokumen penting di rumahnya tanpa memperhatikan aspek-aspek penting, terutama kemungkinan kerusakan dokumen baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kepala Seksi Kearsipan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan Yusdar mengungkapkan, pihaknya saat ini masih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun bimbingan teknis ke sejumlah instansi untuk mengkampanyekan gerakan ini.

Hanya saja, ia menilai banyak tantangan di lapangan yang pihaknya hadapi, terutama penolakan sejumlah perusahaan yang akan diberikan sosialisasi terkait hal tersebut.

"Untuk instansi pemerintah sudah kami lakukan dan berikan pemahaman bagaimana penyimpanan arsip yang benar. Sebagian sudah menjalankan. Sedangkan untuk ke swasta memang kendalanya kita sering tidak diizinkan meskipun membawa surat tugas. Padahal ini demi kepentingan mereka juga," ungkap Yusdar kepada Warta Kota, Selasa (2/4/2019).

Sedangkan ke masyarakat, Yusdar bersama timnya tengah berkeliling untuk mensosialisasikan pentingnya menyimpan arsip dengan benar.

"Ini tampaknya memang sepele, namun sebenarnya penting. Kita contohkan satu rumah, ada mungkin lima anggota keluarga. Mereka masing-masing punya akta kelahiran, ada Kartu Keluarga, ijazah sekolah dari mulai SD, surat tanah, surat rumah, SK pegawai kalau dia pegawai dan dokumen penting lainnya yang jumlahnya banyak," kata Yusdar.

"Faktanya masyarakat sering asal-asalan saja ketika menyimpan arsip atau dokumen penting itu yang ujungnya menimbulkan kerusakan. Ada yang dimakan rayap. Dan adapula yang rusak saat terjadi bencana misalkan banjir," imbuh Yusman.

Yusman menegaskan, ada sejumlah aturan atau SOP (Standart Operating Procedure) dalam penyimpanan arsip atau dokumen yang belum banyak dimengerti masyarakat.

Menurutnya, beberapa hal yang patut diperhatikan dalam penyimpanan dokumen penting di rumah.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved