Otomotif

Larangan Merokok Sambil Naik Motor Diberlakukan, Polisi Tilang Ratusan Bikers

PENGENDARA sepeda motor yang kedapatan merokok sambil mengoperasikan sepeda motornya mulai ditindak oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

Larangan Merokok Sambil Naik Motor Diberlakukan, Polisi Tilang Ratusan Bikers
Kemenhub via Kompas.com
Larangan merokok saat naik motor Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. 

"Secara aturannya sudah jelas, yaitu mengganggu konsentrasi dan tidak wajar, sehingga ratusan pemotor ditilang karena si pengendara sambil merokok."

PENGENDARA sepeda motor yang kedapatan merokok sambil mengoperasikan sepeda motornya mulai ditindak oleh Ditlantas Polda Metro Jaya.

Dalam satu hari tercatat lebih dari 652 orang melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu.

"Secara aturannya sudah jelas, yaitu mengganggu konsentrasi dan tidak wajar, sehingga ratusan pemotor ditilang karena si pengendara sambil merokok," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir seperti dilansir laman NTMCPolri, Selasa (2/4/2019).

Nasir menjelaskan, aturan tersebut sudah jelas tertuang dalam Permenhub Nomor 12 tahun 2019, yang mengatur tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor.

Awas, Merokok sambil Naik Motor Denda Rp 750.000, Ini Aturannya 

Ini Klarifikasi Polri Soal Larangan Merokok dan Mendengarkan Musik Saat Mengemudi

Salah satu pasal dalam aturan itu menyebutkan bahwa pengendara motor dilarang merokok sambil berkendara.

Faktor utama akan mengganggu keselamatan pengguna jalan di jalan raya.

"Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 283 pelanggaran UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)," ucap Nasir.

Ini 5 Cara Mudah Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Kinclong dan Tidak Cepat Menguning

Ini 7 Komponen yang Bakal Cepat Rusak, Bila Sepeda Motor Tak Langsung Dicuci usai Kehujanan

Peraturan Menteri

Seperti diberitakan Wartakolive.com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi merilis aturan ojek online dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Selain mengatur soal ketentuan operasional ojek online dan tarif, ada pula aturan lain yang menyebutkan bila pengemudi dilarang merokok saat mengendarai sepeda motor.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved