Otomotif

Ini Keuntungan Naik Bus via Tol Trans Jawa, Berikut Perbandingannya Bila Naik KA atau Pesawat

Saat musim mudik, jalur Tol Trans Jawa ini bakal menjadi andalan masyarakat lantaran waktu tempuhnya yang jauh lebih efisien dibanding jalan biasa.

Ini Keuntungan Naik Bus via Tol Trans Jawa, Berikut Perbandingannya Bila Naik KA atau Pesawat
Dok. PO Putera Mulya Sejahtera
BUS Scania K410IB milik PO Putera Mulya Sejahtera yang mengklaim diri sebagai bus Trans Jawa pertama, melintasi Jembatan Kali Kuto di ruas Tol Semarang-Batang. 

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menilai bahwa naik bus via Tol Trans Jawa merupakan pilihan paling tepat untuk sekarang ini. Tarif naik bus jauh lebih murah, jika dibandingkan moda transportasi lain seperti kereta dan pesawat.

JALUR Tol Trans Jawa telah terhubung dari Merak di Provinsi Banten hingga Surabaya di Provinsi Jawa Timur. Ini menjadi alternatif masyarakat dari arah barat ke timur Pulau Jawa atau sebaliknya.

Bahkan di saat musim mudik, jalur Tol Trans Jawa ini bakal menjadi andalan masyarakat yang pulang mudik. Tak lain dan tak bukan, lantaran waktu tempuhnya yang jauh lebih efisien dibanding melalui jalur non tol.

Namun, jika menggunakan mobil pribadi, tentu ada biaya lebih yang harus dikeluarkan, yaitu untuk membayar tarif tol.

Jika dari Jakarta ke Surabaya, tarif tolnya sekitar Rp 660.500. Sedangkan jika menempuh perjalanan dari Merak, tarif yang harus dibayar sebesar Rp 723.500.

Program Scania Trans Jawa, Tawaran Bus dan Truk Scania dari PT United Tractors untuk Mitra Usaha

TERBARU, Diskon Tol Trans Jawa Diperpanjang Hingga Mudik Lebaran 2019

Oleh sebab itu, Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmad Yani menilai bahwa naik bus via Tol Trans Jawa merupakan pilihan paling tepat untuk sekarang ini.

Secara tarif jauh lebih murah, jika dibandingkan moda transportasi lain seperti kereta dan pesawat.

"Tol Trans Jawa ini merupakan terobosan dan sangat menguntungkan buat masyarakat. Tentunya dengan naik transportasi umum seperti bus jauh lebih murah," ujar Ahmad Yani Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Scania Trans Jawa
Scania Trans Jawa (Kompas.com/Aditya Maulana)

Data yang dirilis Kemenhub untuk perbandingan tiga moda transportasi yaitu bus, kereta, dan pesawat, seperti dijelaskan Ahmad membandingkan tiga tujuan, yaitu Semarang, Solo, dan juga Surabaya.

1. Tujuan Semarang

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved