UI Gandeng Tokopedia Mewujudkan Pusat Kecerdasan Buatan

Pusat kecerdasan buatan ini disebut merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi superkomputer deep learning dari NVIDIA.

UI Gandeng Tokopedia Mewujudkan Pusat Kecerdasan Buatan
Warta Kota/Gopis Simatupang
Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. 

Tokopedia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, di gedung Fakultas Ilmu Komputer UI, Beji, Kota Depok, Kamis (28/3/2019).

Pusat kecerdasan buatan ini disebut merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi superkomputer deep learning dari NVIDIA.

Hal ini ditujukan untuk mendorong akademisi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI, agar dapat menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri.

"Bayangkan suatu waktu dimana semua orang dapat memperluas bisnis dari manapun mereka berada dan dapat menghantarkan produk dan menghadirkan layanan terbaik, di mana setiap konsumen di Indonesia dapat menerima setiap produk yang mereka pesan dalam hari yang sama," ujar CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, di tengah acara.

Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
Tokopedia-UI AI Center of Excellence, pusat pengembangan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. (Warta Kota/Gopis Simatupang)

Saat hal itu terjadi, kata William, pihaknya selangkah lebih dekat dalam mencapai misi mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

Semua hal ini tidak hanya akan menjadi mimpi dan dapat direalisasikan melalui AI, seperti demand prediction, smart warehouse, dan smart logistic.

Menurut William, teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak menjadi disruptor.

Karenanya, pihaknya berkolaborasi dengan UI untuk menjembatani pelaku akademi dan periset, agar dapat mendorong riset dan pengembangan AI demi pemberdayaan dan kemajuan bangsa.

Melalui kolaborasi tersebut, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri, termasuk industri e-commerce. Misalnya mengenai logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran.

Selain itu, peneliti juga dapat meneliti berbagai cara untuk membantu pedagang menghasilkan dan memberikan layanan, serta produk yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi super-komputer.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved