Uji Emisi

Ratusan Mobil di Jaksel Jalani Uji Emisi

Sebanyak 420 kendaraan roda empat melakukan uji emisi dalam program yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan

Ratusan Mobil di Jaksel Jalani Uji Emisi
Warta Kota/Feriyanto Hadi
Petugas sedang memeriksa kendaraan yang mendaftar uji emisi di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. 

SEBANYAK 420 kendaraan roda empat melakukan uji emisi dalam program yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan selama tiga hari sejak Selasa (26/3) hingga Kamis (28/3).

“Kita telah mengadakan uji emisi dari mulai tanggal 26 Maret 2019 hingga hari ini. Hasilnya, sebanyak 420 kendaraan mengikuti uji emisi ini,” ujar Syarifudin

Syarifudin merinci, dari 420 kendaraan tersebut, sebanyak 209 kendaraan menjalani uji emisi pada hari pertama di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, 133 kendaraan pada hari kedua di Halaman Transmart Cilandak, serta 78 kendaraan pada hari ketiga di Halaman Carrefour Lebak Bulus.

"Dari 420 kendaraan tersebut sebanyak 273 kendaraan dinyatakan lulus uji emisi," terangnya.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengendalian pencemaran udara.

Melalui sasaran yang akan dicapai ini, pemilik kendaraan bermotor diharuskan merawat kendaraannya.

"Pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor dilatarbelakangi antara lain peningkatan jumlah dan jenis kendaraan bermotor yang menyebabkan meningkatnya jumlah emisi Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), Nitrogen Oksida (NO) dan debu,” ujar Marullah.

Marullah menjelaskan, peningkatan jumlah emisi dari sektor transportasi, menyebabkan tren kualitas udara di Jakarta semakin menurun.

Selain itu, jumlah kendaraan yang semakin meningkatan konsumsi bahan bakar kendaraan masih didominasi oleh BBM berstandar Euro 2.

"Kami harapkan tahun depan sistem uji emisi ini dapat diintegrasikan bersamaan dengan perpanjangan STNK,” tandasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved