Otomotif

April Mulai Dipasarkan, Ini Keunggulan AMMDes-KMW yang Bisa Diubah Jadi 10 Aplikasi

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) KMW yang bisa dimodifikasi menjadi 10 aplikasi akan mulai dipasarkan pada awal April mendatang.

April Mulai Dipasarkan, Ini Keunggulan AMMDes-KMW yang Bisa Diubah Jadi 10 Aplikasi
Warta Kota/Hironimus Rama
Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto (kanan) memberikan miniatur Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) KMW kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat kunjungan kerja meninjau fasilitas dan proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) KMW di PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). 

"Produk ini bisa dimodifikasi dengan 10 aplikasi, mulai dari pompa irigasi, genset listrik, perontok padi, pengupas padi, pemoles beras, pengupas kopi, perontok jagung, penjernih air, pembuat es serit, hingga ambulans."

DIRESMIKAN peluncurannya oleh Presiden RI Joko Widodo di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) akhirnya siap melakukan produksi masal perdana Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) KMW.

Menurut rencana, produk AMMDes KMW ini akan mulai dipasarkan pada awal April mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan sesuai dengan namanya produk ini didorong untuk menjadi alat transportasi pertanian di desa-desa di seluruh Indonesia, entah itu untuk angkutan paskapanen, transportasi hasil holtikultura, maupun untuk alat penjernih air.

“Produksi awal rencananya 3.000 unit per tahun. Untuk tahun-tahun berikutnya, kapasitas bisa dinaikkan sesuai dengan permintaan pasar,” kata Airlangga kepada para wartawan saat kunjungan kerja untuk meninjau fasilitas dan proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) KMW  ke PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Dihargai Rp 60-70 Jutaan, AMMDes Mulai Produksi Massal Awal 2019

GIIAS 2018, AMMDes Siap Diproduksi Sebanyak 3.000 Unit

Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto (kedua dari kiri) dan Menteri Perindustrian  Airlangga Hartarto (ketiga dari kiri) berfoto bersama dengan jajaran manajemen PT KMWI di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).
Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto (kedua dari kiri) dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (ketiga dari kiri) berfoto bersama dengan jajaran manajemen PT KMWI di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). (Warta Kota/Hironimus Rama)

Menurut Airlangga, alat ini sudah diuji coba di Kementerian Perhubungan dan dalam waktu dekat hasilnya akan dikeluarkan. Sementara untuk uji coba pemakaian sudah dilakukan di Palu, Muntilan, Lampung dan Bogor.

“Saat ada bencana di Palu, Kementerian Perindustrian mengirim 5 alat ini sebagai prototipe uji coba untuk alat penjernih air dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum. Respons dari masyarakat luar biasa," tutur Airlangga.

"Sementara di Tanggamus, Lampung, alat ini digunakan untuk mengangkut pisang pada saat panen. Bahkan produk ini juga bisa dimodifikasi sebagai ambulans pedesaan untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau transportasi umum,” papar Airlangga.

“AMMDes KMW dirancang sebagai alat multi fungsi untuk kebutuhan kendaraan di desa. Angkutan yang berkarakter offroad ini diharapkan bisa membantu mobilitas masyarakat di pedesaan,” imbuhnya.

Mampu mengakses medan sulit

Aplikasi AMMDes KMW untuk pengangkut pisang saat panen di lokasi produksi PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).
Aplikasi AMMDes KMW untuk pengangkut pisang saat panen di lokasi produksi PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019). (Warta Kota/Hironimus Rama)

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reza Treistanto mengatakan, AMMDes-KMW  menghadirkan fungsi utama untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di pedesaan dengan upaya meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Halaman
123
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved