Surat Suara Pilres dan Pileg Kota Bekasi Dikirim Akhir Bulan Ini, KPU Minta Dipercepat

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan berdasarkan jadwal surat suara baru akan dikirim 30 Maret 2019

Surat Suara Pilres dan Pileg Kota Bekasi Dikirim Akhir Bulan Ini, KPU Minta Dipercepat
Kompas.com
Kantor KPU Bekasi 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi meminta surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Pemilu 2019 dimajukan dari jadwalnya.

Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni mengatakan berdasarkan jadwal surat suara baru akan dikirim 30 Maret 2019 mendatang. Namun, jika surat suara dikirim ditanggal tersebut, dirasa terlalu mepet waktunya.

"Kalau dikirim tanggal 30 Maret, sedangkan pencoblosan 17 April itu terlalu mepet. Kami kan harus sortir dan lipat surat suara. Ada tahapan persiapan pengiriman logistik ke Kecamatan hingga ke TPS," kata Nurul kepada Wartakota, Jumat (22/3/2019).

Nurul menjelaskan untuk surat suara lainnya seperti DPRD Kota Bekasi, DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil VIII, DPR-RI Dapil VI, dan DPD-RI telah diterima.

"Pertama kali terima Senin 4 Maret 2019 terakhir Selasa 19 Maret 2019. Proses penyortiran juga hampir rampung semua. Yang belum Pilpres surat suaranya," jelasnya.

VIDEO: Begini Penampakan Situ Parigi Tangsel yang Penuh Sampah dan Busa

Nurul menambahkan terpaksa harus mengerahkan petugas penyortiran dan pelipatan suara jika nantinya pengiriman surat suara benar-benar dilakukan pada 30 Maret 2019.

"Kalau pengiriman tetap sesuai jadwal, kita harus mengerahkan banyak orang. Agar proses penyortiran dan pelipatan lebih cepat," jelasnya.

VIDEO: Latihan Timnas Indonesia di Senayan Diwarnai Canda Tawa Pemain

Saat ini, kata Nurul, ada 256 petugas dalam melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang dilakukan di GOR Voli Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Nanti bisa kita tambah 100 petugas. Rencananya juga Senin, (25/3/2019), kita juga mau buat shift malam agar mempercepat proses pekerjaan sortir dan lipat," ungkapnya.

Nurul menambahkan tiap personil bisa melipat 1.000 surat suara.

"Jadi total sekitar 256.000 perhari. Itu kita bagian 25 kelompok," paparnya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved