Warga Kampung Baru Menyambut Antusias Pengabdian Masyarakat yang Dilakukan Sejumlah Mahasiswa

Warga Kampung Baru Kembangan Jakarta Barat begitu antusias mengikuti arahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Magister Tekni

Warga Kampung Baru Menyambut Antusias Pengabdian Masyarakat yang Dilakukan Sejumlah Mahasiswa
Warta Kota
pelepasan KKN mahasiswa UMT 

KEMBANGAN, WARTAKOTALIVE.COM -- Warga Kampung Baru Kembangan Jakarta Barat begitu antusias mengikuti arahan dan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Magister Teknik Sipil, Universitas Mercu Buana (UMB).

Dimana dala kegiatan tersebut para mahasiswa memberikan sosialisasi terkait lingkungan yang dikemas dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (Abdimas).

"Kalo saya seneng ya kenapa karena masih ada anak-anak muda yang mau peduli sama lingkungan, seperti dengan kegiatan kegiatan ini, kita sebagai warga jadi lebih paham," kata Windu, Rabu (20/3/2019).

Untuk itu dirinya berharap dengan kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh anak anak muda jaman sekarang, yaitu melakukan kegiatan positif yang dapat berguna untuk orang lain.

"Kalo saya mah mending anak muda anak anak mahasiswa kayak gini, saya setuju banget, dari pada demo-demo, mending aksi langsung siapa tahu malah jadi menginspirasi orang lain," ujarnya.

Ketua Program Magister Teknik Sipil Universitas Mercu Buana, Budi Susetyo mengatakan sosialisasi yang dilakukan adalah penyampaian informasi, bantuan teknis seperti penjelasan materi yang bersifat teknis, serta pendampingan kegiatan berbagi pengalaman pada masyarakat.

Terdapat 5 (lima) jenis kegiatan Abdimas saat ini yakni tentang, Saluran Drainase Mikro, Bank Sampah, Air Limbah, Bak Sampah Mikro serta Sumur Resapan.

"Jadi kegiatan pengabdian kepada masyarakat tujuannya emang memberikan sharing dan berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait sarana dan prasarana micro khususnya pemukiman padat. Di kelurahan Kembangan baru ini pemukiman pada ada di RW 04 dan RW 10," kata Budi Susetyo, Rabu (20/3/2019).

Menurutnya tujuan pelaksanaan kegiatan Abdimas ini agar masyarakat dapat lebih mengenal dengan lebih baik tentang fungsi dan peran berbagai sarana dan prasarana lingkungan, serta dapat turut menjaga dan memelihara sarana dan prasarana tersebut untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Apalagi topik yang diangkat salah satunya permasalahan drainase karena dengan drainase yang baik tidak ada menimbulkan permasalahan salah satunya banjir, tak hanya itu pengelolaan sampah juga penting karena akan berdampak pada kesehatan lingkungan.

"Air limbah, di RW sini banyak yang tidak punya septic tank sehingga mereka membuang air limbah domestik langsung ke sungai. Tentu itu tidak sehat kepada lingkungan, karena air sungai ini mengalir kemana mana sehingga harapannya dengan memberikan sharing dapat memperoleh solusi bersama," ujarnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved