Tahun Depan, Pemkot Depok Menargetkan 80 Persen Sekolah di Wilayahnya Harus Ramah Terhadap Anak

untuk disebut sebagai Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Nindya, maka jumlah SRA di kota tersebut minimal harus 50 persen.

Tahun Depan, Pemkot Depok Menargetkan 80 Persen Sekolah di Wilayahnya Harus Ramah Terhadap Anak
Warta Kota
Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin 

Dari 881 sekolah (negeri dan swasta) di Depok, 400-an sekolah di antaranya atau lebih dari 50 persen sudah menerapkan program Sekolah Ramah Anak (SRA).

Maka, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin, dirinya menargetkan tahun depan sebesar 80 persen sekolah diharapkan bisa mewujudkan SRA.

Thamrin menjelaskan, untuk disebut sebagai Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Nindya, maka jumlah SRA di kota tersebut minimal harus 50 persen.

Namun, dia yakin di masa depan Kota Depok mampu meraih KLA kategori Utama. Salah satu syaratnya, mayoritas sekolah wajib mengaplikasikan SRA.

"Kita sudah di atas rata-rata, tetapi saya ingin kita harus tetap kembangkan lagi. Minimal tahun depan capaiannya bisa 80 persen. Bahkan, kalau kita ingin dapat (KLA) kategori Utama, kita harus memiliki sekolah ramah anak 90 persen," ujar Thamrin, ditemui Warta Kota di gedung Balai Kota Depok, Kamis (21/3/2019) kepada Wartakotalive.com..

Dia menerangkan, saat ini Disdik terus mengupayakan tiap sekolah di Kota Depok untuk menerapkan SRA.

Di sekolah negeri, misalnya, dilakukan sejumlah pembenahan.

Mulai dari sarana-prasarana, menciptakan lingkungan kegiatan belajar-mengajar yang menyenangkan, hingga pemenuhan hak-hak anak.

"Hak anak ini salah satunya hak untuk mendapatkan kartu pelajar misalnya, hak untuk mendapatkan raport, itu kita berikan secara gratis. Foto yang tadinya bayar, alhamdulillah sekarang kita akomodir dari APBD," papar Thamrin.

"Jadi hak anak untuk di sekolah negeri untuk SD dan SMP sudah kita penuhi, mudah-mudahan di sekolah swasta pun tidak terlalu memberatkan. Sehingga anak merasa bahwa dimanapun bersekolah tidak terlalu memberatkan biaya pendidikannya," ucapnya lagi.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved