Advertorial

Tak Perlu Khawatir, Inilah Tips Aman Gunakan LPG

Tabung LPG sudah didesain dengan aspek keamanan, kepraktisan pemakaian, dan standar produksi yang ketat dan teruji.

Tak Perlu Khawatir, Inilah Tips Aman Gunakan LPG
Dok Pertamina
Petugas tengah melakukan pengisian tabung LPG Bright Gas. Tabung LPG sudah didesain dengan aspek keamanan, kepraktisan pemakaian, dan standar produksi yang ketat dan teruji. 

LPG (liquefied petroleum gas) menjadi sahabat manusia dalam kebutuhan sehari-hari. Sejak pagi, gas sebagai bahan bakar ini sudah digunakan untuk memasak hingga mendukung mata pencaharian sebagian masyarakat Indonesia. 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, tabung LPG sudah didesain dengan aspek keamanan, kepraktisan pemakaian, dan standar produksi yang ketat dan teruji.

"Namun, keamanan penggunaan LPG tetap perlu selalu diperhatikan," ujarnya.   

Tidak hanya LPG, Dewi menambahkan, ada perlengkapan lain yaitu regulator, selang, kompor, serta 2 buah klem. Masyarakat perlu memperhatikan kondisi, kebersihan, serta kehandalan dari setiap alat tersebut. 

Dewi menjelaskan, apabila mendapatkan tabung gas dalam kondisi bocor, agar segera membawa keluar ruangan terbuka.

"Pastikan gas dibawa ke ruang terbuka dan jauhkan dari sumber api. Dan segera hubungi agen LPG resmi atau call center Pertamina 135".

Untuk penggunaan LPG, pastikan kondisi ruangan dapur memiliki ventilasi yang cukup. Tempatkanlah tabung LPG dengan sirkulasi udara dan ventilasi yang baik.
Untuk penggunaan LPG, pastikan kondisi ruangan dapur memiliki ventilasi yang cukup. Tempatkanlah tabung LPG dengan sirkulasi udara dan ventilasi yang baik. (Dok. Pertamina)

Untuk itu Pertamina memberikan tips aman menggunakan LPG. Pertama, pastikan kondisi ruangan dapur memiliki ventilasi yang cukup. Kedua, tempatkan tabung dengan sirkulasi udara dan ventilasi yang baik.

Selanjutnya, gunakanlah regulator berlogo SNI. Pastikan klem terpasang erat pada kedua ujung selang. Pastikan pula selang itu tidak tertekuk atau tertindih. Pastikan juga segel (security seal cap) serta tersedia karet hitam (rubber seal) dalam keadaan baik. 

Jangan lupa, sebelum menyalakan kompor, cek terlebih dahulu apakah ada bau khas gas elpiji tercium. Jika dirasa aman bisa langsung menyalakan kompor.

Lakukanlah pengecekan regulator dan selang yang sering terkena tumpahan makanan secara rutin.

Apabila terjadi kebocoran gas, lakukan langkah berikut: matikanlah kompor, sumber api lainnya dan aliran listrik di dalam rumah. Segera lepaskan regulator.

Bawa tabung ke luar atau ruang terbuka dan jauhkan dari sumber api.  Hubungi agen LPG resmi atau call center Pertamina 135.

“Mari  bersama-sama kita saling peduli untuk mengingatkan dan membudayakan keamanan dalam penggunaan LPG,” kata Dewi. (*/chi)

Penulis: Ichwan Chasani
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved