Pilpres 2019

Penyebab Elektabilitas Prabowo-Sandi Naik Dibandingkan Jokowi-Amin Turun: Pendukung 02 Makin Militan

Survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan penyebab naiknya elektabilitas Prabowo-Sandi dan menurunnya elektabilitas Jokowi-Amin.

Penyebab Elektabilitas Prabowo-Sandi Naik Dibandingkan Jokowi-Amin Turun: Pendukung 02 Makin Militan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/kompas.com
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) menyapa pendukung saat akan menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (14/1/2019). Prabowo-Sandiaga menyampaikan pidato kebangsaan dengan tema Indonesia Menang yang merupakan tagline visi dan misinya. 

Survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan penyebab naiknya elektabilitas Prabowo-Sandi dan menurunnya elektabilitas Jokowi-Amin. Pendukung Prabowo juga semakin militan dan solid. 

SURVEI terbaru elektabiltias capres-cawapres diselenggarakan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019-5 Maret 2019 menunjukkan kenaikan suara signifikan untuk pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden atau elektabilitas capres dan cawapres nomor urut 02 itu naik 4,7 persen dalam enam bulan, dari 32,7 persen pada Oktober 2018 menjadi 37,4 persen pada survei kali ini.

Sebaliknya, elektabilitas rivalnya Joko Widodo-Ma'ruf Amin turun 3,4 persen, dari 52,6 persen pada Oktober 2018 menjadi 49,2 persen.

Selisih suara antara kedua pasangan menyempit menjadi 11,8 persen.

BREAKING NEWS: Survei Terbaru Kompas Elektabilitas Jokowi-Amin Turun 3,4%, Prabowo-Sandi naik 4,7%

ILC TV One, Fadli Zon Berniat Mempermalukan Nusron Wahid, Karni Ilyas Cuma Tersenyum

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Kedua Pasangan Calon Menyempit, 11,8 Persen, Ini Lengkapnya

Peneliti Litbang Kompas Bestian Nainggolan mengungkapkan, setidaknya ada tiga indikasi yang menopang besaran dukungan ke Prabowo-Sandi.

Pertama, jika sebelumnya pendukung Prabowo-Sandiaga cenderung bertumpu pada kalangan menengah ke atas, pada survei kali ini penguasaan kalangan menengah atas itu semakin solid.

Prabowo-Sandiaga tidak hanya berhasil menjaga basis pendukung kalangan menengah ke atas, tetapi juga memperluas kuantitas dukungan dari karakteristik kelompok itu.

Kesaksian Ahli Hukum Sempat Bikin Bingung Sidang Ahmad Dhani, Mulan Jameela Lakukan Ini di Sidang

Jadwal Siaran Langsung dan Live Streaming RCTI Laga Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia 2020

"Pada sisi kategori pendidikan responden, misalnya, mereka yang berpendidikan menengah ke atas tampak semakin bertumpu pada Prabowo-Sandi," ujar Bestian, seperti dikutip dari Harian Kompas, Rabu (20/3/2019).

Saat ini, proporsi terbesar dari kalangan berpendidikan tinggi (46,1 persen) memilih Prabowo-Sandi. Pada survei sebelumnya, hanya 38,4 persen yang memilih Prabowo-Sandi.

Halaman
123
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved