Transportasi Jakarta

Catatan YLKI Usai Uji Coba MRT Lebak Bulus-Bundaran HI

Catatan pertama menurutnya minimnya peringatan maupun tata tertib penumpang di stasiun dan kabin kereta.

Catatan YLKI Usai Uji Coba MRT Lebak Bulus-Bundaran HI
Warta Kota/Henry Lopulalan
Presiden Joko Widodo mengajak para menteri dan pimpinan daerah mencoba MRT dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus di Jakarta, Selasa (19/3/2019). 

PALMERAH, WARTAKOTALIVE.COM -- Uji coba publik yah digelar PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) jelang operasional kereta cepat MRT rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) turut mengundang pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Sejumlah catatan pun disampaikan usai melakukan uji coba pada Selasa (19/3/2019) kemarin.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi menyebutkan, catatan tersebut dibuatnya sejak dirinya memulai perjalanan dari Stasiun MRT Bundaran HI, Tanah Abang, Jakarta Pusat menuju Stasiun MRT Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam pengamatannya, infrastruktur MRT Jakarta, mulai dari bangunan stasiun, kabin kereta, pelayanan hingga kualitas selama perjalanan sangat baik.

Perjalanan pun dirasakan sangat mulus, terlebih ketika kereta hendak berhenti di sebanyak 13 stasiun, padahal diungkapkannya kereta melaju sangat cepat.

"Kereta tidak berisik dan kecepatan stabil, soal pengereman juga nyaman. Kereta berhenti di stasiun selama 30 detik dengan headway (waktu tempuh antara stasiun) sekitar lima menit, cepat,"ungkapnya dihubungi pada Rabu (20/3/2019).

Lokasi SIM Keliling dan Gerai Samsat di Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok Hari Rabu (20/3/2019)

Tidak hanya dari segi kenyamanan berkendara, Tulus menyoroti keamanan penumpang mulai dari ruang tunggu stasiun memasuki kabin kereta.

Dirinya mengapresiasi ruang tunggu di stasiun yang dilengkapi dengan pintu pembatas otomatis ketika penumpang masuk ataupun meninggalkan kereta.

Ini Dia Ramalan Zodiak Rabu (20/3): Aries Berkharisma, Taurus Frustasi, Cancer Sedang Rajin

Pintu tersebut katanya menambah faktor keamanan bagi penumpang, sehingga menghindari adanya kecelakaan penumpang yang tersenggol atau tertabrak MRT, atau bahkan untuk aksi bunuh diri layakmya di Jepang dan Korea pada beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved