Seragam PNS Bekasi Pakai Pangkat dan Tanda Jabatan Mulai April

Mereka akan mengenakan tanda pangkat di pundak kanan dan kirinya serta tanda jabatan di dada kanan sesuai jenjang pendidikan dan karir.

Seragam PNS Bekasi Pakai Pangkat dan Tanda Jabatan Mulai April
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi ASN melaksanakan kegiatan upacara. 

Atribut pakaian dinas harian pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Bekasi akan bertambah mulai 1 April 2019 mendatang.

Mereka akan mengenakan tanda pangkat di pundak kanan dan kirinya serta tanda jabatan di dada kanan sesuai jenjang pendidikan dan karirnya di pemerintahan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kota Bekasi, Karto mengatakan, tanda pangkat akan dipakai oleh PNS dari golongan terendah yakni I sampai paling tinggi IV.

Tanda pangkatnya, kata dia, mirip dengan aparat kepolisian dan TNI.

"Yah mirip-mirip gitu, kita pakaikan pangkat agar tingkat golongan mereka kelihatan di kalangan aparatur maupun masyarakat," kata Karto pada Selasa (19/3).

Karto mengatakan, pangkat atau golongan akan mengalami kenaikan setiap empat tahun untuk pegawai struktural dan dua tahun untuk pegawai fungsional.

Di samping itu, mereka harus mempersiapkan segala dokumen pendukung untuk kenaikan pangkat seperti ijazah dan tidak pernah mendapatkan sanksi.

"Jadwal kenaikan pangkat setiap bulan April dan Oktober. Bagi pegawai yang sudah naik pangkat di bulan April tidak bisa ikut lagi di bulan Oktober. Mereka harus menunggu periode berikutnya untuk kenaikan pangkat," imbuhnya.

Meski golongan pegawai mengalami kenaikan secara otomatis, namun ada beberapa jenjang golongan yang cenderung stagnan. Misalnya untuk pegawai lulusan SMA yang awal masuk menjadi PNS mendapat golongan II-A.

Jenjang golongan mereka hanya bisa sampai III-A, kecuali mereka melanjutkan pendidikan sampai Strata-1. Pendidikan formal ini, kata dia, mempengaruhi jenjang karir golongan pegawai di lembaga pemerintahan.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved